Register
Home FEMALE INFO Jakarta's Info Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Corona
20
Mar

Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Corona

Virus Corona sedang maraknya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Namun di tahun 2020, virus ini bisa menyebabkan Pneumonia ataupun gagal organ dan kematian. Virus Corona memang tidak memiliki angka kematian yang tidak terlalu tinggi hanya sekitar 2-3 persen. Namun, tetap saja menjadi perhatian kita, apalagi dengan jumlah pasien yang banyak, penularan yang cukup mudah dan hebat.

 

 

 

 

Memang di angka 2-3 persen itu banyak terjadi pada usia tua yang memiliki penyakit lainnya. Ketika penyakit ini diderita atau didapatkan oleh orang yang sudah lansia, efeknya begitu hebat, bukan hanya batuk-pilek, tapi dalam hitungan hari gejalanya bisa cepat memberat.

 

Penularan virus corona memang tidak 'airborne' tapi 'droplets', cairan yang keluar dari tubuh namun mengandung virus. Penularan langsung lewat batuk atau bersin yang terhirup atau dengan kontak yang tidak langsung yang artinya cairan dari mulut kita jatuh ke benda mati, kemudian kita pegang dan tersebar ke benda lain, orang lain atau wajah kita sendiri yang akhirnya terhirup.

 

Bukan hanya 'droplets' yang menyebarkan penyakit, tapi tangan kita juga yang menjadi agen penyebaran. Makanya kita harus sering-sering mencuci tangan dan jangan pegang wajah.

 

Selain rajin mencuci tangan, kita juga harus menjaga daya tahan tubuh dengan tidur yang cukup, jangan begadang, kemudian jangan merokok dan minum alkohol. Konsumsi makanan dan minuman beserta vitamin yang aman di konsumsi supaya imunitas kita terjaga, serta sayuran dan buah-buahan agar gizi bias tercukupi. Apabila aktifitas kita lagi banyak dan kurang enak badan, maka suplemen bisa ditambahkan.

 

Salah satu cara lain untuk memutus penyebaran virus corona adalah dengan melakukan social distancing. Kita harus tahu konsep social distancing, karena penularan corona itu antara manusia dengan manusia sehingga kita coba putus rantainya.


Penularan corona lewat benda mati bisa beberapa jam atau beberapa hari. Tapi kalau penularan lewat manusia akan lebih lama dihitung 14 hari. Makanya kita harus coba mengurangi kontak sosial, kita coba jaga jarak dengan jauhi tempat yang ramai dan kita coba lebih aware kontak dengan orang lain.

 

Apabila kita bertemu keluarga dengan melakukan kontak langsung lebih baik dikurangi, kalau ingin mencium anak pastikan kita bersih dahulu.

 

Kalau kita sampai sakit, kita harus benar-benar jaga jarak, self isolation, di rumah pakai masker.

 

Nah untuk itulah, kita jangan pandang sebelah mata virus ini, jangan panik, tapi harus tetap waspada.

 

(na)

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Joy Parenting