Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 3 Jenis Buah yang Bagus untuk Penyakit Jantung
26
Nov

3 Jenis Buah yang Bagus untuk Penyakit Jantung

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu dunia. Bahkan setiap tahunnya, terus menyumbang angka kematian yang tersebar di berbagai kelompok usia.

 

 

 

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2015 membuktikan 70 persen kematian di dunia disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM), 45 persennya yaitu penyakit jantung dan pembuluh darah.

 

Mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan tidak hanya bermanfaat bagi penderitanya, namun bisa juga untuk orang sehat yang ingin menjaga jantungnya tetap prima.

 

Berikut jenis buah-buahan bermanfaat baik untuk jantung, dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Beri
Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry merupakan golongan buah-buahan yang memiliki nutrisi baik dalam memelihara kesehatan jantung.

 

Selain itu, buah beri juga direkomendasikan untuk masa pemulihan penderita sakit jantung, karena bisa mengurangi kambuhnya penyakit jantung.

 

 

2. Ceri
Ceri manis, ceri asam, ceri kering atau jus ceri, mempunyai kandungan sama seperti buah beri, yaitu antioksidan antosianin dan polifenol.

 

Dilansir dari WebMd, senyawa antioksidan dalam buah untuk jantung ini berfungsi untuk melindungi pembuluh darah, mengurangi pembengkakan jantung, serta membuat tekanan darah stabil.

 

 

3. Jeruk
Buah sitrus seperti jeruk memiliki serat pektin sebagai penangkal kolesterol, sementara potassium di dalamnya bisa membantu mengontrol tekanan darah.

 

Dikutip dari WebMd, kandungan lain pada jeruk yaitu antioksidan dan flavonoid, bermanfaat meningkatkan fungsi pembuluh darah serta menurunkan risiko penyakit jantung.

 

 

(ode)

 

Sumber: CNN Indonesia

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting