Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 5 Kebiasaan Ini Bisa Memengaruhi Kesehatan Gigi, Loh!
17
Nov

5 Kebiasaan Ini Bisa Memengaruhi Kesehatan Gigi, Loh!

Sama halnya seperti kulit, mata, dan anggota tubuh lainnya, menjaga kesehatan gigi juga penting. Selain untuk mengunyah dan mencerna makanan, gigi juga memiliki peran penting dalam berbicara sekaligus menunjang penampilan. Maka itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi.

 

 

 

Tetapi terkadang, tanpa disadari ada kebiasaan buruk yang bisa Anda lakukan yang dapat membahayakan kesehatan gigi kamu. Berikut 5 kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi kamu dikutip dari Boldsky.

 

 

1. Mengunyah Es
Walau bisa dimakan, bukan berarti es batu baik untuk gigimu. “Enamel gigi adalah kristal. Es adalah kristal. Ketika kamu mendorong dua kristal satu sama lain, satu di antaranya akan pecah,” kata Dr. Matthew Messina, MD., dokter Spesialis Penyakit Dalam di N Dartmouth, MA. “Seringkali itu adalah es, tapi terkadang gigi atau tambalannya akan patah.” tambahnya.

 

Meski kebiasaan ini sulit dihindari, kamu bisa mengurangi kebiasaan mengunyah es batu dengan minum tanpa es batu. Atau, bisa gunakan sedotan yang ramah lingkungan agar kamu nggak tergoda untuk mengunyah es.

 

 

2. Merokok
Kalau yang satu ini sih pasti sudah pada tahu kalau merokok merupakan kebiasaan buruk yang mestinya ditinggalkan. Selain berisiko merusak organ dalam, merokok juga berisiko merusak kesehatan gigi. Tak hanya membuat gigi kuning dan bau mulut tak sedap, kebiasaan ini juga berisiko menimbulkan berbagai penyakit serius, seperti radang kelenjar ludah, leukoplakia, periodontitis hingga kanker mulut.

 

Selain itu, merokok juga dapat menimbulkan efek jangka panjang yang dapat meningkatkan penyakit gusi serta memperlambat proses penyembuhannya. Yakin masih mau merokok?.

 

 

3. Menggigit Kuku
Menggigit kuku adalah kebiasaan umum dan kebiasaan terburuk yang dapat merusak gigi kamu. Menggigit kuku kamu bisa merusak gigi dan memengaruhi rahang.

 

Saat menggigit kuku, rahang ditempatkan pada posisi yang sama, yang pada akhirnya dapat menyebabkan disfungsi rahang.

 

 

4. Menyikat Gigi Segera Setelah Makan
Menyikat gigi segera setelah makan makanan asam bisa lebih berbahaya daripada manfaatnya. Karena menyikat gigi bisa menggosokkan asam lebih dalam ke email. Menyikat setelah 30 menit makan akan mengurangi kemungkinan keausan pada gigi.

 

 

5. Tidak Mengganti Sikat Gigi
Kebanyakan orang sering mengganti sikat gigi mereka dan beberapa tidak. Mengganti sikat gigi kamu, akan membuat gigi kamu sehat dan bersih femalicious.

 

The American Dental Association menyarankan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap 3-4 bulan sekali.

 

 

(ode)

 

Sumber: Pikiran Rakyat

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting