Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 3 Obat Alami Penghilang Rasa Nyeri
13
Nov

3 Obat Alami Penghilang Rasa Nyeri

Kala mengalami sakit gigi, sakit punggung, atau jenis nyeri lainnya, dorongan pertama yang mungkin banyak orang pilih yakni obat pil ketimbang obat alami penghilang rasa nyeri.

 

 

 

Mudah dijangkau dan tak perlu sulit meracik kerap membuat obat pil lantas menjadi opsi. Padahal, bergantung pada obat-obatan dapat memiliki risiko efek samping, interaksi obat, hingga ketagihan.

 

Lalu apa saja obat alami penghilang rasa nyeri? Berikut 3 obat alami penghilang rasa nyeri.

 

 

1. Kunyit
Kunyit adalah bumbu yang memberi warna kuning dan rasa yang unik pada kari. Sebagaimana dilansir Healthline, di dalamnya terkandung senyawa kurkumin, antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan.

 

Kunyit juga dapat digunakan untuk pengobatan berbagai kondisi, termasuk gangguan pencernaan, bisul, sakit perut, psoriasis, kanker.

 

Beberapa penderita osteoarthritis (OA) atau nyeri pada persendian juga beralih ke kunyit sebagai pereda nyeri alami karena membantu meredakan peradangan.

 

 

2. Cengkih
Cengkih utuh sering digunakan untuk membumbui daging dan nasi. Sementara sebagai obat, cengkeh dapat ditemukan dalam bentuk kapsul atau bubuk. Minyak cengkih juga tersedia.

 

Seperti suplemen herbal lainnya, Anda dapat menggunakan cengkeh untuk mengobati berbagai macam kondisi. Cengkih dapat membantu meredakan mual dan mengobati masuk angin. Itu juga dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan sakit kepala, radang rematik, dan sakit gigi.

 

Selain itu bahan aktif yang terdapat dalam cengkih yaitu eugenol, dapat menjadi pereda nyeri alami yang juga digunakan dalam beberapa obat gosok nyeri. Mengoleskan sedikit minyak cengkih pada gusi Anda dapat meredakan sakit gigi untuk sementara sampai Anda pergi ke dokter gigi.

 

 

3. Jahe
Jahe, atau Zingiber officinale, adalah akar yang menjanjikan sebagai pereda nyeri alami.

 

Sebagaimana dilansir Medical News Today, tinjauan sistematis pada 2015 menemukan bahwa mengonsumsi 2 gram jahe per hari dapat mengurangi nyeri otot akibat latihan ketahanan dan berlari saat orang meminumnya setidaknya selama 5 hari.

 

 

(ode)

 

Sumber: CNN Indonesia

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting