Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 3 Cara Ini Bisa Atasi Perut Kembung Akibat Minum Kopi
09
Nov

3 Cara Ini Bisa Atasi Perut Kembung Akibat Minum Kopi

Minum kopi bisa diandalkan saat rasa kantuk begitu mengganggu saat bekerja. Namun bukannya makin terjaga, kopi malah bikin perut kembung dan tidak nyaman. Kenapa bisa?.

 

 

 

Melansir dari laman Coffee Bros, ada tiga alasan utama kopi membuat perut rasanya tidak karuan. Pertama, kafein menstimulasi sistem pencernaan sehingga sistem bekerja lebih keras dan cepat. Kedua, perut sensitif terhadap kandungan asam pada kopi. Kemudian, perut dalam kondisi kosong sebelum minum kopi. Minuman ini begitu 'kuat' dengan kandungan kafein, asam, minyak sehingga perut tidak bisa menerima tanpa 'dialasi' makanan.

 

Berikut cara mengatasi perut kembung karena kopi antara lain:

 

 

1. Minum air hangat
Setidaknya Anda minum sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter setiap hari. Amy Shapiro, ahli diet, menjelaskan saat mengalami dehidrasi, tubuh cenderung menahan air.

 

"Jadi minum banyak air membantu kita membuang air yang tersimpan. Semakin banyak Anda minum, semakin berkurang kembungnya. Itu juga akan membuang kelebihan natrium yang menahan air," kata Shapiro.

 

 

2. Seduh teh jahe atau peppermintk
Beberapa jenis teh herbal termasuk jahe dan peppermint bisa mengatasi perut kembung karena kopi. Jahe mengandung zat aktif gingerol yang merangsang produksi air liur, empedu dan cairan lambung sehingga ideal untuk meredakan rasa tidak nyaman di perut.

 

Melansir dari Yorktest, jika Anda tidak begitu suka jahe, peppermint atau mint pun bakal memberikan manfaat serupa. Pada mint terdapat minyak aktif mentol untuk mengatasi kembung juga antispasmodik atau menenangkan perut yang sakit.

 

 

3. Makan pisang
Saat kembung, sebaiknya hindari makanan kaya serat atau makanan yang malah membantu memperlancar pencernaan. Makanan ini misalnya brokoli, chia seed, atau lentil. Sementara sebaiknya mengonsumsi makanan kaya potasium seperti pisang, alpukat, atau ubi.

 

Melansir dari Byrdie, Patricia Raymond, ahli gastroenterologi di Virginia, berkata makanan dengan potasium akan mengatur retensi cairan sehingga meminimalisir kembung.

 

 

(ode)

 

Sumber: CNN Indonesia

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting