Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 4 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mencegah Mata Lelah saat WFH
26
Oct

4 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mencegah Mata Lelah saat WFH

Femalicious sadar atau tidak, selama pandemi ini hampir semua aktivitas dilakukan dengan menatap layar. Bekerja dari rumah alias work from home, koordinasi dengan rekan kerja, berinteraksi dengan keluarga maupun sahabat bahkan belanja pun cukup dilakukan lewat gawai. Hal ini jelas berpengaruh pada kesehatan mata.

 

 

 

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa adanya peningkatan pasien dengan keluhan pada area mata selama pandemic Covid-19. Ahli optometri Mile Brujic mengatakan, keluhan yang muncul sangat beragam, mulai dari mata lelah hingga mata kering

 

Namun, kamu gaperlu khawatir. Karena ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah mata lelah selama WFH, seperti berikut.

 

 

1. Postur tubuh yang baik
Postur tubuh dan kesehatan mata saling berkaitan. Mengupayakan postur tubuh yang baik selama bekerja dengan gawai jadi langkah awal mencegah mata lelah. Saat bekerja dengan komputer, pastikan kedua kaki menapak lantai, pergelangan tangan tidak menempel pada keyboard. Layar sebaiknya diposisikan di bawah garis pandangan natural.

 

"Ini lebih mudah dilihat daripada melihat lurus ke depan atau melihat ke atas. Pandangan ke bawah membantu menurunkan kelopak mata dan membantu menghilangkan kemungkinan terkena angin," kata Mark Kahrhoff, ahli optometri, mengutip Verywell.

 

 

2. Ubah pencahayaan
Penting untuk memastikan pencahayaan yang baik di ruang kerja. Mata bisa cepat lelah saat pencahayaan terlalu terang atau terlalu redup. Mata yang tadinya lelah bisa berujung pada sakit kepala.

 

Selain itu, mengatur pencahayaan dari layar gawai juga tak kalah penting. Jangan sampai cahaya gawai terlalu silau.

 

 

3. Memperbesar huruf
Bekerja berhadapan dengan monitor bisa membuat mata cepat lelah, terlebih ukuran huruf dalam layar berukuran sangat kecil. Memperbesar ukuran huruf bisa mencegah stres dan lelah pada mata.

 

 

4. Aturan '20-20-20'
Untuk mencegah mata lelah dan kering, Brujic menyarankan untuk menerapkan aturan '20-20-20'. Tiap 20 menit interaksi dengan monitor, ambil waktu selama 20 detik untuk beristirahat dan melihat sesuatu sejauh 20 feet (6 meter).

 

Alih-alih bermain ponsel saat beristirahat, gunakan waktu ini dengan menggerakkan bola mata lalu berkedip sebanyak mungkin untuk membasahi mata.

 

 

(ode)

 

Sumber: CNN Indonesia.

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting