Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 5 Minuman Ini Bisa Buat Kamu Makin Fokus Bekerja
23
Oct

5 Minuman Ini Bisa Buat Kamu Makin Fokus Bekerja

Banyak orang mencari berbagai cara sederhana untuk meningkatkan fokus, memori, dan produktivitas. Beberapa minuman dengan kandungan nootropik disebut dapat meningkatkan fungsi otak.

 

 

 


 

 

Berikut beberapa minuman yang dapat meningkatkan fungsi otak agar tetap fokus dan produktif, melansir Healthline.

 

 

1. Kopi
Kopi menjadi salah satu minuman nootropik yang paling banyak dikonsumsi. Sebuah ulasan mencatat, kafein dalam kopi dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, dan memori dalam dosis 40-300 miligram atau setara dengan 120-720 mililiter kopi.

 

Namun, Anda juga perlu mengingat batas aman mengonsumsi kafein harian. Anda disarankan meminum kopi tak lebih dari 945 mililiter per hari.

 

 

2. Teh hijau
Kandungan kafein pada teh hijau lebih rendah daripada kopi. Namun, minuman ini menawarkan dua senyawa nootropik lainnya seperti L-theanine dan epigallocatechin gallate (EGCG).

 

Studi menunjukkan bahwa L-theanine dapat memicu relaksasi. L-theanine yang dikombinasikan dengan kafein dapat meningkatkan kewaspadaan. Sebuah tinjauan menemukan bahwa teh hijau secara keseluruhan dapat meningkatkan fokus, perhatian, dan memori.

 

 

3. Kombucha
Kombucha merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari teh hijau atau hitam dikombinasikan dengan buah atau tumbuh-tumbuhan. Manfaat utamanya terletak pada probiotik untuk usus Anda.

 

Secara teroritis, kesehatan usus yang baik dapat meningkatkan fungsi otak. Namun, masih sedikit penelitian yang membuktikan manfaat kombucha untuk otak.

 

4. Jus jeruk
Jus jeruk kaya akan vitamin C yang menawarkan manfaat untuk melindungi saraf.

 

 

5. Kefir
Seperti kombucha, kefir adalah minuman fermentasi yang mengandung probiotik yang terbuat dari susu. Kefir diketahui dapat membantu fungsi otak dengan mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.

 

 

(ode)

 

Sumber: CNN Indonesia.

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting