Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle Tips Mencegah Nyeri Leher saat Bekerja
19
Oct

Tips Mencegah Nyeri Leher saat Bekerja

Femalicious duduk di meja kerja seharian rentan membuat leher dan pundak terasa sakit. Bahkan leher yang kaku bisa menimbulkan rasa sakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Tak cuma itu, leher kaku juga bisa mengganggu kualitas tidur kamu loh femalicious.

 

 

 


Mengutip Spine Health, berikut beberapa tips mencegah nyeri leher akibat terlalu lama duduk di meja kerja seharian.

 

 

1. Latih Postur Tubuh yang Baik
Saat duduk di meja kerja, letakkan kaki di lantai dan jaga agar punggung tetap tegak serta rata pada senderan kursi. Kepala juga harus dalam posisi netral dengan telinga berada tepat di atas bahu.

 

Jangan lupa juga sesuaikan ketinggian kursi agar paha sedikit miring ke bawah. Posisi ini membuat berat badan terdistribusi secara ideal melalui tulang yang terletak di bawah pinggul.

 

 

2. Sesuaikan Ketinggian Monitor dan Penempatan Keyboard
Tempatkan monitor tepat di depan kamu dengan bagian tengah layar yang sejajar dengan hidung. Jika monitor terlalu rendah, kamu akan memiringkan kepala ke bawah. Kondisi tersebut dapat meningkatkan tekanan pada leher.

 

Posisikan keyboard cukup dekat dengan kamu dengan kedua siku yang ditekuk kira-kira 90 derajat saat mengetik. Tempatkan juga tetikus pada level yang sama dengan keyboard.

 

 

3. Sempatkan Berdiri
Meski terkesan membuat nyaman, tapi duduk di kursi terus menerus bisa sangat melelahkan. Semakin lama kamu duduk, semakin sulit kamu mempertahankan postur yang baik.

 

Untuk mengatasinya, coba lah untuk berdiri setidaknya satu atau dua jam selama jam kerja kamu.

 

 

4. Batasi Penggunaan Ponsel Pintar
Seseorang cenderung menundukkan kepala lebih jauh saat melihat ponsel. Menahan kepala dengan posisi tersebut dalam waktu lama dapat menyebabkan ketegangan otot, bahkan hingga menimbulkan cedera.

 

Kapan pun kamu bisa, jawab surat elektronik atau pesan WhatsApp melalui laptop atau komputer. Cara ini membuat kamu dapat mempertahankan postur tubuh yang baik.

 

 

5. Berjalan-jalan
Berjalan-jalan di sekitar area kerja setiap 30 menit sekali dapat mengurangi risiko timbulnya nyeri punggung, leher, dan bahu akibat duduk terlalu lama. Bangun dan bergerak jika kamu mulai merasa sakit.

 

 

(ode)

 

Sumber: CNN Indonesia.

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting