Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle Manfaat Makan Jamur Tiram Untuk Tubuh Kamu
15
Oct

Manfaat Makan Jamur Tiram Untuk Tubuh Kamu

Jamur tiram bukanlah bahan makanan yang asing untuk disantap. Selain untuk makanan, jamur yang kaya akan nilai gizi ini ternyata juga sudah digunakan selama ribuan tahun dalam dunia kuliner dan pengobatan.

 

 

 


Jamur tiram yang dianggap nikmat sebagai pengganti daging ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mengutip Boldsky ada beberapa manfaat kesehatan dari konsumsi jamur tiram.

 

 

1. Mengurangi Kadar Kolesterol
Jamur tiram telah terbukti menurunkan kolesterol secara alami baik pada hewan maupun penelitian manusia. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa jamur tiram mengurangi kadar kolesterol hingga 37 persen dan menurunkan trigliserida hingga 45 persen. Studi lain tahun 2007 menunjukkan bahwa pasien diabetes yang diberi jamur tiram menunjukkan penurunan kadar kolesterol yang signifikan.

 

Selain itu, jamur tiram merupakan sumber serat yang baik yang diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

 

 

2. Memperkuat Kekebalan Tubuh
Jamur tiram memiliki antioksidan seperti selenium, yang membantu melindungi sel dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit kronis, sehingga membantu memperkuat sistem kekebalan. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa jamur tiram mengandung senyawa yang bertindak sebagai imunomodulator, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

 

3. Meningkatkan Fungsi Otak
Jamur tiram kaya akan niasin (vitamin B3), nutrisi penting yang telah terbukti menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif terkait usia.

 

 

4. Menurunkan Kadar Gula Darah
Meningkatkan konsumsi jamur tiram terbukti menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jamur tiram kaya akan β-glukan, serat makanan yang larut dalam air yang dapat membantu meningkatkan kadar glukosa, yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes.

 

 

5. Dapat Mengelola Kanker
Jamur tiram menunjukkan sifat anti tumor yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Oncology menunjukkan bahwa jamur tiram memiliki kemampuan ampuh untuk menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus besar.

 

Studi 2011 lainnya menunjukkan bahwa ekstrak jamur tiram memiliki efek terapeutik terhadap tumor kolorektal dan sel leukemia.

 

 

(ode)

 

Sumber: CNN Indonesia.

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting