Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 5 Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Ketika Menggunakan Sunscreen
06
Oct

Tips Mengatasi Kulit Kering akibat Sering Mencuci Tangan

Sunscreen merupakan produk skincare yang wajib digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari ketika beraktivitas di luar ruangan. Tapi, kamu tau ga sih femalicious ternyata masih banyak yang belum mengerti atau melakukan kesalahan dalam menggunakan sunscreen dalam kehidupan sehari-sehari.

 

 

 


Menurut studi yang dimuat di Journal of the American Academy of Dermatology, ternyata hanya 30 persen orang yang mengaplikasikan sunscreen dengan benar.

 

Dalam unggahan video di akun media sosial TikTok dr. Yessica Tania, seorang Medical Doctor dan konsultan kecantikan, menyebutkan ada 5 beberapa kesalahan dalam penggunaan sunscreen, berikut di antaranya.

 

 

1. Terlambat Mengoleskan Sunscreen
Beberapa orang baru mengoleskan sunscreen ketika kulit wajah mulai terasa panas. Tidak semua produk sunscreen memiliki bahan aktif yang bekerja dengan cepat.

 

Biasanya bahan aktif yang terkandung dalam produk sunscreen mulai bekerja setelah beberapa menit dioleskan pada kulit wajah. Sebaiknya oleskan sunscreen 20 atau 30 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari.

 

 

2. Tidak Menggunakan Secara Merata
STidak hanya dioleskan pada wajah, sunscreen juga perlu dioleskan dibagian kelopak mata, leher, telinga, dan bibir. Sebab, bagian tersebut juga akan terpapar sinar matahari jika sedang beraktivitas di luar ruangan. Untuk bagian bibir, oleskan lip balm yang mengandung SPF, ya.

 

 

3. Menggunakan Terlalu Sedikit
Menurut American Academy of Dermatology, ketebalan dalam menggunakan sunscreen menentukan seberapa besar perlindungan pada kulit wajah diberikan. Beberapa orang terlalu tipis menggunakan sunscreen pada kulit wajah karena tidak ingin kulit wajah menjadi lengket.

 

Terlalu sedikit atau terlalu tipis menggunakan sunscreen tidak menjamin kulit wajah akan terlindung dari sinar matahari.

 

4. Tidak Mengoleskan Ulang
Kebanyakan produk sunscreen menganjurkan untuk mengoleskan sunscreen setiap 2 atau 3 jam sekali. Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kulit wajah mengalami penuaan dini. Oleh karena itu, penting untung mengaplikasikan ulang sunscreen pada wajah ketika sedang beraktivitas di luar ruangan.

 

5. Tidak Menggunakan Sunscreen Ketika di Dalam Ruangan
Nah, ternyata sunscreen juga perlu digunakan ketika sedang di dalam ruangan. Tidak hanya di luar ruangan, sunscreen juga dapat melindungi kulit wajah dari sinar UV yang masuk melalui sela-sela kaca, pintu, dan ventilasi.

 

 

(ode)

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting