Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan
02
Sep

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Femalicious bingung dan khawatir sang buah hati susah makan? Eits.., tenang femalicious gausah panik. Susah makan atau picky eating sebenarnya adalah salah satu tahap dari berkembangnya sang buah hati loh.

 

 

 


Biasanya hal ini terjadi ketika anak menolak makan karena tidak suka dengan rasa, bentuk, warna, bau, atau tekstur makanan tertentu dan ini juga terjadi karena selera makan anak naik-turun, tergantung seberapa jauh anak berkembang dan aktif. Tapi, sebenarnya sikap pilih-pilih makanan ini dapat hilang seiring ia beranjak besar.

 

Berikut 5 cara yang bisa femalicious lakukan agar sang buah hati tidak susah makan:

 

1. Buat Waktu Makan Senyaman Mungkin
Suasana dan kondisi bisa memengaruhi keinginan anak untuk makan. Cobalah buat suasana makan yang lebih menyenangkan. Jangan khawatir jika makanan tercecer di lantai. Bila perlu, Kamu bisa juga ikut makan. Biasanya anak penasaran mencoba makanan yang dimakan orang tuanya.

 

2. Kreasikan Makanan
Ubah bentuk atau tekstur makanan yang tak disukainya menjadi wujud yang lain. Misalnya, jika anak tak suka wortel yang dipotong, kamu bisa menghaluskannya dan dicampur ke dalam telur dadar atau nasinya. Femalicious juga bisa mengombinasikan ragam makanan bernutrisi lainnya setiap makan.

 

3. Biarkan Anak Memilih Makanan
Sesekali kamu bisa membiarkan keinginan anak untuk mandiri memilih makanan mereka. Tetap beri opsi makanan sehat, namun bebaskan anak memilih sendiri. Batasi dengan 2 atau 3 makanan agar mereka tak kebingungan dengan pilihan yang banyak.

 

4. Ajak Menyiapkan Makanan
Luangkan waktu untuk melibatkan anak menyiapkan makanan dan sayuran sehat bersama. Ini bisa memacu semangat anak untuk membantu dan bertanggung jawab atas apa yang mereka buat. Kamu bisa memulai dari diskusi memilih resep makanan, memintanya mengeluarkan makanan dari kulkas, mengajak dia mencuci sayur atau buah, atau sekadar memasukkan buah-buahan ke dalam blender, misalnya.

 

5. Jangan Emosi
Seringkali penolakan mereka bisa sekadar untuk melihat reaksi orang tuanya. Anak bahkan belum merasakan tapi sudah menolak makanan. Karena itu, jangan emosi atau menunjukkan kemarahan ketika mereka susah makan. Jika anak-anak masih susah makan, cobalah untuk menyuapinya di sela atau waktu bermain anak. Tak ada salahnya tidak selalu mengikuti waktu makan orang tuanya, lebih baik sering meski harus sesuap-sesuap.

 

Nah itu dia femalicious 5 tips agar sang buah hati tidak susah makan yang bisa kamu coba di rumah. Jadi kamu gausah khawatir lagi yaa kalo sang buah hati malas makan.

 

(ode)

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting