Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 4 Jenis Noda Pakaian yang Harus Kamu Waspadai
12
Aug

Noda Teh atau Kopi

Bepergian dengan baju tidak bersih pasti membuat kita kesal dan tidak nyaman. Apalagi kalau kita sudah berusaha mencuci sampai sidik jari hampir hilang tapi noda jahatnya masih ada di pakaian kita. 5 jenis noda ini akan membantumu memahami tipikal noda dan menjaga agar jangan sampai ada noda menempel di pakaianmu selamanya.

 


1. Noda Lumpur

Noda Lumpur

Noda lumpur bisa membuat pakaian menguning, terutama jika terlalu lama didiamkan pada pakaian putih. Hal ini disebabkan oleh banyak deposit mineral yang mengendap di serat-serat pakaian kita. Ketika deposit ini terkena cahaya matahari, deposit ini akan semakin mudah membentuk senyawa kompleks yang dapat kita lihat sebagai noda membandel. Oleh karena itu, perlu sesegera mungkin mencuci pakaian yang terkena lumpur.

 

2. Noda Teh atau Kopi

Noda Teh atau Kopi

Jenis noda ini bisa meninggalkan bekas yang berbentuk seperti genangan di pakaian (stain). Pada umumnya, jenis noda ini bisa dihilangkan dengan detergent pakaian. Namun, apabila tidak segera dibersihkan, perlu berkali-kali merendam pakaian agar noda teh/kopi bisa hilang seutuhnya.

 

3. Noda Jamur

Noda Jamur

Umumnya noda ini muncul pada pakaian berbahan kulit. Bercak noda jamur sebenarnya sangat mudah dibersihkan, namun jika terlalu lama didiamkan, jamur akan sulit dibersihkan karena terbenam cukup dalam melalui pori-pori serat kain tersebut. Dibutuhkan zat pembunuh jamur untuk bisa menghilangkan jamur dari pakaian berjenis kulit.


4. Noda kuning

Noda kuning

Noda ini biasanya disebabkan oleh kualitas air pencucian yang tidak begitu baik. Apabila proses filtrasi air kurang maksimal, maka air akan mengandung banyak mineral. Prosesnya hampir sama dengan noda lumpur yang tertinggal, deposit mineral akan banyak menumpuk di serat pakaian dan membentuk kompleks senyawa berwarna kuning yang bisa kita lihat. Ada baiknya memperhatikan kualitas air yang digunakan untuk mencuci pakaian.

 

Dari keempat jenis ini,noda mana yang paling sering kamu temukan di koleksi pakaianmu? Untuk memastikan noda-noda membandel ini hilang di pakaian, membawanya ke jasa laundry profesional bisa menjadi pilihan kamu.


~

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting