Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle Penggunaan Masker Saat Olahraga, Apakah Berbahaya?
18
Jun

Penggunaan Masker Saat Olahraga, Apakah Berbahaya?

Penggunaan masker saat olahraga bisa menyebabkan sesak dan sulit bernapas bagi penggunanya, bahkan bisa menyebabkan kematian.

 

Apakah hal tersebut benar?

 

 

 


Sport Medicine Specialist dari Slim + Health Sports Therapy, dr. Michael Triangto, Sp.KO menjelaskan, saat ini masyarakat dianjurkan untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah. Termasuk saat berolahraga. Penggunaan masker saat berolahraga memang bisa menyebabkan sesak dan sulit bernapas, terutama jika melakukan olahraga berat atau intensitas tinggi.

 

Namun, jika tujuan olahraga adalah untuk mendapatkan kesehatan, kita sebetulnya tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga berat. Dalam jenis olahraga ini, tak akan ada masalah jika memakai masker.

 

Lalu, jenis masker seperti apa yang sebaiknya digunakan?

 

Untuk berolahraga di luar ruangan lebih dianjurkan menggunakan masker bedah atau masker kain yang banyak di pasaran


Kesimpulannya, Michael mengatakan bahwa berolahraga untuk sehat cukup dengan intensitas ringan sampai dengan sedang sehingga penggunaan masker tidak akan mengganggu sistem pernafasan dan gangguan kesehatan serius, apalagi kematian.


Selain itu, pastikan dirimu sehat sebelum berolahraga dan memilih masker yang nyaman digunakan.

 

"Di saat muncul rasa tidak nyaman atau merasa tidak sehat maka latihan dapat langsung dihentikan, sehingga tidak perlu terjadi sesuatu yang mengganggu keselamatan jiwa," kata Michael.

 

(na)

 

SUMBER: Kompas

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting