Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 5 Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Antar Anak Imunisasi
04
Jun

5 Tips yang Perlu Diperatikan Saat Antar Anak Imunisasi

Pada masa pandemi sekarang ini, tidak sedikit orangtua yang cukup ragu untuk memberi imunisasi pada anaknya. Tentu saja, orangtua khawatir anaknya bakal tertular Covid-19 saat berada di rumah sakit atau pun puskesmas, tempat imunisasi dilakukan.

 

 

 

 


Imunisasi tetap harus diberikan pada bayi atau pun anak di masa pendemi virus corona ( Covid-19). Sebab, imunisasi berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, hingga mencegah penyakit berbahaya pada anak.

 

Menurut Sekretaris III Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Catherine M Sambo memberikan penjelasannya. Dia mengatakan, setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan orangtua saat akan mengantar anak mendapat imunisasi.

 

1. Riwayat Kontak
Perhatikan terlebih dahulu riwayat kontak anak atau pun orangtua. Bila anak atau orangtua sakit atau memiliki riwayat kontak dan berpergian dari area epidemik, sebaiknya tunda kunjungan imunisasi.

 

2. Rencana Imunisasi
Langkah selanjutkan, rencanakanlah jadwal kunjungan. Orangtua bisa membuat janji dengan tenaga kesehatan per telepon atau via fasilitas internet.

 

3. Jumlah Pengantar
Setelah memastikan anak dan pengantar sehat, batasi jumlah pengantar. Jangan sampai jumlah pengantar begitu banyak. “Biasanya cucu pertama, yang mengantar rombongan. Ada orangtua, paman, tante, ditambah orangtua dari pihak satunya lagi,” ucap dia. Saat pandemi, jumlah pengantar sebaiknya dibatasi. "Dan, jangan lupa membawa buku imunisasi," sambung dia.

 

4. Jangan Langsung Pulang
Setelah imunisasi, jangan langsung pulang. Tunggulah 30 menit untuk memastikan apakah ada efek samping atau tidaknya.

 

5. Prinsip Pencegahan Penularan
Untuk orangtua ataupun pengantar, perhatikanlah prinsip pencegahan penularan Covid-19. Hal itu bisa dilakukan dengan tetap menjaga jarak, mencuci tangan, serta mengenakan masker. “Kemudian pastikan saat pulang ke rumah, anak dalam keadaan sehat,” cetus dia.

 

(na)


SUMBER: Kompas

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting