Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle Screen Time Berlebihan, Resiko Gangguan Tidur
21
May

Screen Time Berlebihan, Resiko Gangguan Tidur

Selama pandemi COVID-19 mengharuskan kita work from home. Penggunaan handphone untuk mengerjakan aktivitas sehari hari, media sosial, melihat berita menjadi bertambah saat ini. Berapa lama waktu yang kamu habiskan di depan layar handphone maupun monitor komputer saat beraktivitas sehari-hari?. Kamu perlu waspada jika screen time berlebihan, ada resiko alami gangguan tidur.

 


Agar terhindar dari gangguan sulit tidur akibat screen time berlebih, dr Lahargo Kembaren, SpKJ, psikiater dari RS SILOAM Bogor menyarankan beberapa hal yang bisa dilakukan seperti berikut.

 

- Atur kembali rutinitas yang normal di tengah pandemi Corona. dr Lahargo menyarankan untuk menerapkan waktu tidur dan bangun yang sama setiap hari. Gunakan alarm untuk menjadi pengingat jadwal.

- Mandi dan berganti pakaian setiap hari meski tidak pergi ke mana mana.

- Jadikan tempat tidur hanya untuk tidur, jangan lakukan hal lain seperti membaca, menonton, mengerjakan tugas di tempat tidur. Menurut dr Lahargo, 'working from home' tidak sama dengan 'working from bed'.

- Apabila 20 menit di tempat tidur tetap belum bisa tidur, segera keluar dari tempat tidur dan lakukan kegiatan lain sampai kembali mengantuk.

- Atur kenyamanan di tempat tidur seperti, suhu ruangan, posisi, suara dan lain lain.


(na)


SUMBER: Detik Health

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting