Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle Atasi Mata Lelah Dengan Yoga Mata
05
Dec

Atasi Mata Lelah Dengan Yoga Mata

Keseringan menatap layar ponsel dan layar komputer dapat membuat mata cepat lelah. Padahal, mata juga perlu diistirahatkan agar senantiasa sehat.

 

 

 

 

 

 


Karena itu, perawatan mata sangat penting dilakukan dan yoga mata adalah cara paling sederhana. Yoga mata dapat dilakukan di mana saja, dengan syarat ada pemandangan terbuka.

 

Berikut teknik yoga mata:

 

1. Latihan 20 detik

Temukan jendela atau ruang terbuka yang memungkinkan Anda untuk menatap jauh. Temukan satu objek paling jauh dan tatap tanpa berkedip selama 20 detik.

 

Lalu, letakkan ibu jari di bawah objek tersebut dan geser fokus mata menuju titik tengah antara objek dan ujung ibu jari.

Lakukan ini untuk 3 objek yang berbeda.

 

2. Pola zig-zag

Bayangkan ada pola zig-zag di depan Anda. Lalu goyangkan bola mata mengikuti pola tersebut selama 10 hitungan.

Teknik ini akan membantu meningkatkan kelembapan pada mata sehingga mengurangi risiko mata kering, menurut Mindbodygreen.

 

3. Berkedip cepat

Berkedip dengan cepat beberapa kali, kemudian tutup mata selama 20 detik seraya bernapas teratur. Lakukan teknik ini sebanyak 3 kali untuk melembapkan dan membersihkan mata dari kotoran penyebab iritasi.

 

4. Kanan, kiri, atas, bawah

Setelah berkedip cepat, tutup kembali mata. Selama menutup mata, arahkan bola mata ke bawah, biarkan diposisi itu selama 5 detik. Lalu ke atas, ke kiri, dan ke kanan, yang masing-masing juga dilakukan selama 5 detik.

 

Ini akan melenturkan otot-otot pada mata dan mengurangi ketegangan setelah seharian menatap layar.

 

5. Kompres hangat

Tak perlu menyediakan handuk dan air hangat. Kompres mata cukup dilakukan dengan kedua tangan.

 

Caranya, gosok telapak tangan bersama-sama sampai terasa panas. Letakkan telapak tangan yang panas di atas mata yang terutup hingga panas menyerap pada mata.

 

Melakukan teknik ini sebelum tidur dapat membuat otot mata rileks dan membantu Anda tidur lebih cepat.

 

Selain baik untuk kesehatan mata, yoga mata yang dilakukan selama beberapa menit ini bisa menjadi momen meditasi singkat. Sehingga menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

 

(na)


SUMBER: CNN Indonesia

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting