Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 4 Cara Tahu Kemurnian Madu
27
Nov

4 Cara Tahu Kemurnian Madu

Perbedaan antara madu asli dan madu palsu memang tak kasat mata. Banyak madu yang dijual di pasaran menambahkan bahan pelarut seperti gula, tepung jagung, atau pewarna makanan.

 

 

 

 

 

 


Padahal madu memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari melawan infeksi, menangkal radikal bebas, membantu menurunkan berat badan, hingga menghaluskan kulit.

 

Mengutip Times of India, ada 4 cara mudah mengetahui kemurnian madu yang bisa Anda lakukan dirumah.

 

1. Campur cuka

Campurkan satu sendok makan madu, sedikit air, dan 2-3 tetes cuka. Jika campuran berbusa, maka kemungkinan besar madu yang Anda miliki telah terkontaminasi dengan bahan lain.

 

2. Uji panas

Ambil korek api lalu bakar sedikit madu. Jika api menyala dengan mudah maka artinya madu yang Anda miliki murni, karena madu murni bersifat mudah terbakar. Sedangkan madu oplosan biasanya telah dicampur dengan bahan yang melembabkan, sehingga api tak akan menyala.

 

3. Uji air

Ambil satu sendok teh madu dan tuangkan ke dalam segelas air. Madu oplosan akan mudah larut dalam air, sedangkan madu murni membutuhkan waktu dan upaya lebih untuk larut. Selain itu, madu asli memiliki tekstur yang lebih padat sehingga madu akan mengendap di dasar gelas.


4. Tes ibu jari

Letakkan sedikit madu ke ibu jari Anda, jika madu tumpah atau menyebar seperti air maka artinya madu tersebut sudah dicampur dengan bahan lain. Madu murni memiliki tekstur kental dan tidak berair, sehingga jika diletakkan di ujung jari maka tak akan mudah menetes.

 

(na)


SUMBER: CNN Indonesia

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting