Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle Cara Aman Terhindar Penipuan Kencan Online
12
Nov

cara aman ketika kencan online

Seiring berkembangnya teknologi yang mempermudah hidup kita, salah satunya adalah mencari jodoh. Sudah banyak aplikasi kencan online yang bisa menjadi pilihan kita mencari cinta sejati.

 

 

 

 


Berhubungan dengan ini, kita juga harus lebih berhati-hati bertemu orang baru di dunia maya. Alih-alih mendapatkan jodoh, mereka justru bisa bikin sakit hati. Tak hanya sakit hati, kencan daring juga menjadi modus kejahatan seperti penipuan, pemerkosaan, dan tindak kriminal lainnya.

 

Namun, rasa sakit hati dan modus kejahatan ini bisa dihindari dengan tetap waspada.

 

Berikut 7 cara aman agar terhindar penipuan kencan online.

1. Jangan mudah percaya
Perkenalan adalah sebuah proses. Memercayai orang yang baru dikenal melalui aplikasi kencan online sangat tidak disarankan. Tetap lah untuk menjaga batas-batas berhubungan di dunia maya.

 

2. Jaga hati dan perasaan
Selalu menjaga hati dan perasaan selama berhubungan melalui kencan online. Pastikan untuk benar-benar mengenal calon pasangan sebelum memutuskan untuk berhubungan serius.

 

Waspadai orang yang tidak bersedia bertemu langsung atau hanya bicara melalui telepon/panggilan video. Curigai pula orang yang mendesak untuk memiliki hubungan serius tanpa mengenal lebih dalam.

 

3. Jaga informasi pribadi
Jangan memberikan informasi detail dalam profil diri di aplikasi kencan daring. Begitu pula saat baru mulai berbincang dengan calon pasangan.

 

Informasi itu meliputi beberapa hal penting yang dapat disalahgunakan. Misalnya saja alamat rumah, alamat kantor, rutinitas harian, dan nomor KTP atau rekening. Informasi tentang anggota keluarga seperti anak juga harus dibatasi. Informasi ini dapat memudahkan orang-orang yang ingin berbuat jahat seperti penguntit dan penculikan.

 

4. Jangan mengirim uang
Jangan pernah mengirimkan uang kepada orang yang baru dikenal. Umumnya, penipuan seringkali berkedok dalam keadaan darurat. Uang yang sudah dikirim, akan sulit untuk dilacak.

 

Aplikasi kencan online global seperti Tinder dan OkCupid melarang penggunanya untuk meminta dan mengirim uang kepada pengguna lain. Segera laporkan pengguna yang meminta untuk mengirimkan uang karena menyalahi aturan.

 

5. Tetap berada di platform
Tetap lah berbincang dengan orang yang baru dikenal di situs atau aplikasi kencan online. Percakapan di platform akan lebih aman dan mudah dipantau.

 

Pengguna dengan niat buruk sering kali mencoba untuk mengganti media percakapan seperti telepon, surat elektronik, WhatsApp, dan aplikasi pesan instan lainnya.

 

6.Jaga akun
Selalu pastikan untuk me-log out dan menghapus informasi tentang password, terutama setelah membuka situs kencan online di komputer umum. Pilihlah password yang kuat agar tak mudah disalahgunakan. Rutin mengganti password juga menjadi salah satu metode untuk menjaga akun tetap aman.

 

7. Laporkan pengguna yang mencurigakan
Jika pengguna lain menyalahi aturan atau melewati batas, segera blokir dan laporkan pengguna ke situs atau aplikasi kencan online.

 

Kegiatan yang menyalahi aturan aplikasi kencan online, dikutip dari Tinder dan OkCupid, meliputi meminta uang atau donasi, pengguna di bawah umur, pelecehan, mengancam, pesan yang tidak sopan, perilaku yang tidak pantas atau berbahaya saat bertemu langsung, profil yang menipu, spam, dan berjualan.

 

(na)


SUMBER: CNN Indonesia

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting