Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle 5 Tanda Tubuh Anda Butuh Mengurangi Gula
06
Nov

Cara Mengatasi Jerawat Di Dalam Hidung

Terlalu banyak makan dan minum yang manis bisa berdampak bagi kesehatan. Belum lama ini, larangan iklan minuman manis diterapkan di Singapura. Larangan tersebut diterapkan karena warga negara tersebut terancam risiko diabetes.

 

 

 


Menurut penelitian, konsumsi gula di atas batas wajar meningkatkan seseorang terkena risiko diabetes tipe 2. Diabetes juga memiliki komplikasi lain, seperti serangan jantung dan stroke.

 

Sebenarnya tubuh memiliki sinyal bila asupan gula sudah melewati batas wajar. Berikut 5 tanda tubuh Anda perlu mengurangi jumlah asupan gula, mengutip Times of India.

 

1. Tak semanis dulu

Merasa kalau minuman manis kemasan rasanya menjadi sedikit hambar? Itu bisa menjadi tanda kalau tubuh sudah kebanyakan asupan gula. Kelebihan gula atau terlalu banyak asupan manis dapat mengembangkan intoleransi terhadap gula. Sehingga, dibutuhkan lebih banyak gula untuk memuaskan rasa manis yang diinginkan. Maka, detoks gula diperlukan untuk 'mengobati' intoleransi gula.

 

2. Tidak semangat

Meski benar bahwa gula akan terurai menjadi karbohidrat yang memasok energi ke tubuh, sayangnya kadar gula yang stabil tak bisa bertahan lama. Kadar gula yang tak terkendali justru bisa memicu penurunan tingkat energi, yang akhirnya membuat Anda merasa lelah, mengantuk, dan sedikit lamban dalam beraktivitas. Jadi, bila Anda kerap merasa kurang bersemangat tanpa sebab, kemungkinan Anda perlu melakukan detoks gula.

 

3. Berat badan meningkat drastis

Rutin konsumsi minuman manis dapat menyebabkan peningkatan berat badan 2-3 kilogram dalam sebulan. Pasalnya, gula sangat mudah dicerna dan disimpan sebagai lemak bila tidak digunakan sebagai energi. Selain itu, gula tidak menyumbangkan nutrisi apapun ke tubuh, seperti protein atau serat. Sehingga gula benar-benar hanya mengandung kalori yang akan disimpan sebagai lemak.

 

4. Cepat lapar

Gula tidak memberikan nutrisi yang baik layaknya protein atau serat, sehingga tidak memiliki dampak positif pada pencernaan. Itu sebabnya, walau sudah makan dua potong donat gula, sekitar satu jam ke depan Anda bisa saja merasa lapar kembali seperti belum makan apa-apa.

 

5. Sulit fokus

Terlalu banyak konsumsi gula dapat membuat kadar gula dalam darah meningkat yang telah dikaitkan dengan kesulitan untuk fokus sementara. Jadi, bila Anda akan menjalani rapat penting atau terlibat dalam sebuah pengambilan keputusan, baiknya kurangi konsumsi gula dari makanan olahan dan minuman manis. Ganti asupan gula dari sumber yang lebih sehat seperti buah-buahan.

 

(na)


SUMBER: CNN Indonesia

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting