Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle Tips Cuci Muka Setelah 'Panas-Panasan'
24
Oct

Tips Cuci Muka Setelah 'Panas-Panasan'

Banyak anggapan kalau mencuci muka setelah "panas-panasan" bisa membuat wajah belang, sehingga tak jarang orang mengurungkan niat untuk mencuci muka.

 


Padahal, mencuci muka sangat penting dilakukan untuk membersihkan keringat, debu dan kotoran setelah beraktivitas.

 

Menurut dokter kulit di Beverly Hills Harold Lancer, mengutip CNN, sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang bisa membakar kulit. Sinar UVB secara langsung mempengaruhi permukaan kulit dan menghasilkan kemerahan dan sensasi terbakar, sedangkan sinar UVA dapat menembus jauh ke dalam kulit, merusak sel, memicu garis kerut, dan menyebabkan warna kulit menjadi belang alias tidak merata.

 

Jadi, air bukan penyebab kulit belang, tapi kulit yang tidak terlindungi dengan tabir surya.

 

Berikut kiat sehat mencuci muka setelah terpapar matahari, mengutip Refinery29.

- Baiknya tak langsung mencuci muka saat keringat masih mengalir. Tunggulah beberapa saat hingga suhu tubuh menjadi normal dan keringat sudah tidak keluar agar kulit bisa bersih total.


- Cukup gunakan sabun pembersih muka yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Sabun lembut cukup mampu membersihkan keringat, minyak, kulit mati, debu dan kotoran secara efektif.


- Bersihkan wajah dengan cara jari digerakkan melingkar ke arah luar tanpa perlu di gosok-gosok dengan keras. Cara ini bisa menurunkan risiko pori-pori tersumbat yang menjadi pemicu timbulnya jerawat.


- Kulit wajah yang terasa tegang dan perih bisa menjadi tanda kulit terbakar matahari. Bila ini terjadi, hindari untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung butiran scrub karena akan membuat lapisan kulit menjadi iritasi dan perih.


- Hindari mencuci muka hanya dengan air, karena lapisan kotoran dan minyak tak akan tersapu hanya dengan air, sehingga risiko pori-pori tersumbat, jerawat dan kulit kusam menjadi lebih tinggi.


- Agar kulit wajah terhidrasi secara langsung, oleskan perawatan kulit seperti lotion dengan kandungan lidah buaya. Kesejukan lidah buaya dapat menenangkan kulit yang panas akibat sengatan sinar matahari.

 

(na)


Sumber: CNN Indonesia

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting