Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle Perbedaan Parfume, EDT dan EDP
26
Sep

Perbedaan Perfume, EDT dan EDP

Parfum menjadi salah satu kebutuhan harian bagi pria dan wanita ketika keluar rumah. Walaupun belum banyak yang mengetahui bahwa parfum memiliki berbagai jenis kadar wewangian yang berbeda.

 

 

Orang kerap bingung dengan perbedaan antara parfum biasa atau eau de parfum, eau de toilette, dan cologne.


Mau tahu perbedaan dari tiga jenis parfum berdasarkan proporsi dan intensitasnya, simak yuk!

 

Parfum atau Eau De Parfum (EDP)
Eau de parfum adalah parfum yang lebih kuat daripada eau de toilette karena konsentrasi minyaknya lebih tinggi. Spesialis wewangian dari The Powder Room Samantha Taylor mengungkapkan perbedaan utama antara eau de parfum dan eau de toilette ada hubungannya dengan konsentrasi parfum di setiap aroma.

 

"Mungkin ada perbedaan dalam aroma, namun sangat sedikit. Perbedaan keduanya hanya terletak pada porsi ekstrak dalam alkohol, sementara aromanya sebenarnya sama saja." ujar Taylor.

 

Eau De Toilette (EDT)
Eau de toilette adalah pewangi ringan yang mampu bertahan hingga 5 jam. EDT merupakan pilihan tepat ketika tidak ingin aroma yang terlalu kuat yang dapat mengganggu rekan kerja di kantor.

 

Meski daya tahan wangi yang bisa dibilang sebentar, eau de toilette merupakan salah satu jenis pewangian tubuh yang paling populer karena harganya yang cenderung murah. Sebutan eau de toilette sendiri berasal dari istilah Prancis faire sa toilette yang artinya bersiap-siap.

 

Cologne atau Eau De Cologne (EDC)

Eau de Cologne atau yang biasa hanya disebut cologne adalah jenis pewangi tubuh yang paling maksimal mengandung 5 persen konsentrat essential oil saja. EDC mempunyai kadar air dan alkohol cukup tinggi dibandingkan kedua jenis parfum di atas. Aromanya pun tentu lebih cepat menguap dan hanya bisa bertahan sekitar 2 hingga 3 jam saja.

 

Namun belakangan ini, eau de cologne atau cologne sudah dikategorikan sebagai jenis parfum yang paling encer. Cologne jarang sekali berharga mahal, namun tetap menjadi pilihan masyarakat karena identik dengan jenis wewangian untuk anak muda.

 

(na)

 

SUMBER: CNN Indonesia

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting