Register
Home FEMALE INFO Female Lifestyle Cegah Kanker Payudara Melalui Gaya Hidup Sehat
21
Oct

cegah kanker payudaraTingginya hormon estrogen dan progesteron membuat perempuan 100 kali lebih rentan terkena kanker payudara dibandingkan laki-laki. Semakin tinggi usia semakin besar risiko terkena kanker payudara. 5-10% kasus kanker payudara di alami karena adanya faktor bawaan genetik. Akan tetapi, gaya hidup juga menjadi penyebab utama kanker payudara. Oleh karena itu, gaya hidup sehat merupakan salah satu cara mencegah kanker payudara yang paling mujarab. Berikut cara pencegahannya.

1. Kurangi Minum Alkohol

Alkohol diyakini dapat meningkatkan kadar hormon estrogen, salah satu hormon yang dapat mempercepat pertumbuhan sel kanker payudara. Hampir semua penelitian mengungkapkan bahwa minum minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Setidaknya, minum 2-5 gelas alkohol satu hari dapat meningkatkan risiko 1.5 x lipat dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi alkohol.

 

2. Atur Berat Badan

Perempuan yang memiliki berat lebih dari 80 Kg memiliki risiko terkena kanker payudara 25% lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang memiliki berat badan di bawah /sekitar 60 Kg.

 

3. Olahraga Secara Teratur

Olahraga dapat menurunkan tingkat sirkulasi estrogen dalam tubuh. Aktivitas olahraga akan mengeluarkan toxin atau racun dalam tubuh dalam jumlah yang cukup signifikan. Selain itu olahraga juga akan mengaktifkan fungsi syaraf dan otot tubuh manusia yang sangat penting untuk terhindar dari kanker payudara.

 

4. Stop Merokok

Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan zat kimia yang terdapat pada rokok sangat berkaitan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara. Selain itu, merokok pada usia dini dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

 

5. Menyusui

Menyusui ternyata tidak hanya bermanfaat bagi si bayi, Ibu juga mendapatkan manfaat yang luar biasa dari menyusui. Beberapa studi telah mengemukakan bahwa perempuan yang menyusui memiliki risiko lebih kecil dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui. Hal ini disebabkan karena aktivitas menyusui diyakini dapat mestabilkan estrogen.

 

6. Hindari Konsumsi Pil KB

Beberapa pil KB memiliki kandungan estrogen yang menjadi pemicu terjadinya kanker payudara. Studi telah menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi pil KB memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Risiko ini akan hilang seiring dengan dihentikan penggunaannya.

 

7. Melahirkan Anak (di bawah 30 Tahun)

Perempuan yang melahirkan anak di bawah 30 tahun memiliki kecenderungan risiko yang lebih rendah dibandingkan wanita yang belum pernah melahirkan atau melahirkan di atas 30 tahun. Oleh karena itu, hindari melahirkan di atas 30 tahun.

 

8. Periksa Payudara Anda

Anda yang paling tau kondisi payudara Anda. Cek dengan rutin apakah ada perubahan bentuk atau benjolan. Jika memang ada, segera cek ke dokter. Jika diperlukan lakukan screening dengan mammogram.

 

Mammogram dapat mendeteksi benjolan payudara sekecil 5mm atau bahkan lebih awal pada tahap mikro-kalsifikasi. Mikro-kalsifikasi adalah deposit kalsium yang kurang dari 1mm dalam ukuran. Pemeriksaan yang lebih rutin jika anda telah berusia di atas 50 tahun akan sangat bermanfaat untuk menghindari terkena jenis kanker berbahaya ini.

 

9. Rawat Payudara Anda

Istirahatkan payudara Anda ketika tidur dengan tidak menggunakan bra. Ketika melepas bra, mungkin Anda bisa memijat disertai menarik napas panjang. Hal tersebut diyakini dapat memperlancar getah bening dan mencegah berkembangnya sel-sel kanker.


~Irdiansyah



 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting