Register
Home FEMALE INFO Female Herald BPOM Klaim Vaksin yang Dibeli Dari China Tidak Ada Efek Samping Serius
16
Oct

Mulai Pekan Depan Revitalisasi Monas Dimulai Kembali

Femalicious baru-baru ini Direktur Registrasi Obat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Lucia Rizka Andalusia menyatakan bahwa tiga kandidat vaksin yang akan digunakan di Indonesia tidak menunjukkan efek samping serius. Ketiga vaksin tersebut antara lain vaksin produksi Sinovac, Sinopharm (G42), dan CanSino.

 

 

 

 

Hal itu diketahui dari hasil inspeksi BPOM ke China pada beberapa waktu lalu.

 

"Tim inspeksi BPOM pergi bersama dengan Kemenkes, Mui, dan PT Biofarma sebagai produsen. BPOM mengawal pelaksanaan uji klinis vaksin, sejauh ini dari hasil inspeksi kami tidak ada kejadian efek samping serius dari pemberian uji vaksin tersebut," kata Lucia dalam Konferensi Pers, di Youtube FMB9ID_IKP, Kamis (15/10).

 

Lucia juga mengatakan, tim BPOM melakukan inspeksi ke China pada hari ini. Inspeksi dilakukan demi memastikan keamanan akses vaksin covid-19 yang cepat dan bermutu.

 

Pihaknya juga mengklaim vaksin yang akan tiba pada November tersebut aman digunakan sebab BPOM telah melakukan pengawasan mulai dari penyusunan protokol uji klinik, pemberian, hingga pelaksanaan uji klinik.

 

"Tim inspeksi BPOM akan melakukan inspeksi ke tiga sarana produksi di China yaitu Sinovac, Sinopharm dan Cansino. Dengan melakukan inspeksi tersebut BPOM dapat memastikan mutu vaksin mulai dari pengamatan terhadap kepatuhan industri dan memproduksi vaksin sesuai dengan persyaratan," ucapnya.

 

Uji klinik vaksin Sinovac yang dilakukan di FK Unpad, Bandung disebut hampir selesai. Lucia berharap, pada 16 Oktober esok sebanyak 1.620 subjek penelitian telah selesai direkrut (diberikan suntik kedua). Uji klinik fase 3 di Bandung ini telah berlangsung sejak 11 Agustus lalu.

 

"Perlu kami sampaikan uji klinik vaksin yg dilaksanakan tim penelitian FK Unpad telah sampai tahap akhir rekrutmen subjek penelitian, pada 16 Oktober besok, diharapkan total 1.620 subjek telah selesai rekrut," tutup Lucia.

 

 

(ode)


Sumber: CNN Indonesia

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting