Register
Home FEMALE INFO Female Herald Hati-hati! Cover Lagu Sembarangan Bisa Dibui 3 Tahun
07
Sep

Hati-hati! Cover Lagu Sembarangan Bisa Dibui 3 Tahun

Femalicious akhir-akhir ini sejumlah musikus kembali mengingatkan pentingnya hak cipta dan hukuman yang akan menjerat apabila kita mengabaikan hal tersebut.

 

 

Izin dan juga penyertaan secara jelas siapa pemilik dari lagu saat mengcover lagu adalah salah satu hal yang harus kita lakukan agar bisa selamat dari jerat hukum dan ancaman pidana Undang-Undang Hak Cipta.

 

Cover lagu tanpa izin dan pencantuman nama pemilik hak cipta dari lagu ternyata bisa dikenakan hukuman penjara paling lama tiga tahun dan/atau denda Rp 500 Juta. Itu bisa terjadi kalo kamu cover lagu yang kamu lakukan tanpa izin diunggah di media sosial atau layanan streaming dan memonetasinya.

 

Perihal tersebut tercatat di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Pasal 113.

 

Gacuma itu UU ini juga mengatur mengenai penggunaan ulang sebuah karya tanpa izin, pasal ini juga sekaligus mengatur tentang pembajakan yang akan dikenakan hukum pidana penjara paling lama 10 tahun dan/atau Rp 4 Milyar.

 

Pasal 113 dari UU Nomor 28 Tahun 2014 tersebut berbunyi :

 

1. Setiap Orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaran hak ekonomi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf i untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).

 

2. Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf c, huruf d, huruf f, dan/atau huruf h untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

 

3. Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

 

4. Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang dilakukan dalam bentuk pembajakan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp4.000.000.000,00 (empat miliar rupiah).

 

Nah, mulai dari sekarang femalicious harus lebih hati-hati dan jangan lupa izin waktu ngecover lagu ya!.

 

(ode)


Sumber: Detik

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting