Register
Home FEMALE INFO Female Herald McDonalds's Pertama di Indonesia Tutup Permanen
08
May

McDonalds's Pertama di Indonesia Tutup Permanen

McDonald's pertama di Indonesia yang berlokasi di Sarinah akan ditutup permanen pada 10 Mei pukul 22.05 WIB. Atas permintaan manajemen gedung Sarinah, mereka akan melakukan renovasi dan akan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut.

 

 


Sejarah McDonald's di Indonesia
Restoran cepat saji waralaba dari Amerika ini pertama kali hadir di Indonesia saat hari Valentine, 14 Februari 1991. Gerai pertama di Indonesia ini terletak di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat.

 

Sempat meninggalkan Sarinah, Thamrin pada tahun 2009, dan digantikan oleh Tony's Jack McDonald's berhasil kembali lagi ke Sarinah Thamrin pada tahun 2011 melalui proses tender.

 

Mengutip laman resminya, restoran dengan andalan burger BigMac ini hadir di Indonesia di bawah naungan PT Rekso Nasional Food (RNF), Rekso Group.

 

Sampai saat ini, restoran tersebut telah membuka sekiranya lebih dari 200 gerai McDonald's tersebar di berbagai kota di Indonesia yang didukung dengan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia.

 

Berasal dari Amerika, restoran burger dan ayam ini mendapatkan label dan sertifikat halal dari MUI pada 1994 lalu. Dan di tahun 1995, restoran ini juga menerapkan konsep drive thru pertama kali.

 

Sukses dengan restorannya, McDonald's juga akhirnya memboyong konsep kafe dari restoran dengan maskot Ronald McDonald's ini. McCafe pertama di Indonesia hadir pada Mei 2007 lalu di Kemang.

 

Kenangan dan Saksi Sejarah
Sarinah, mal mewah dan populer pada masanya semakin diramaikan dengan kehadiran restoran cepat saji dari Amerika ini.


Setelah 30 tahun berdiri di Indonesia, tak dimungkiri restoran ini menjadi bagian hidup dari banyak orang.


Ada kenangan yang tertinggal di tiap sudut restoran 24 jam ini. Bukan cuma soal ayamnya yang renyah dan burger yang gurih serta paket sarapannya yang enak, tapi ada yang jadi cerita hidup, tempat keluh kesah, juga kongkow bersama sahabat atau bahkan kekasih saat keuangan mencekik di malam minggu.

 

Bukan cuma tempat kenangan, namun lokasinya di tempat strategis dan perempatan besar di pusat Jakarta, membuat McDonald's Sarinah menjadi saksi sejarah berbagai kejadian mencekam di Indonesia. Seperti diketahui, restoran ini berada tepat di seberang gedung Bawaslu.

 

Salah satu yang masih teringat adalah saat Demo 22 Mei di depan Gedung Bawaslu.

 

Massa aksi 22 Mei mulai melempari sejumlah gedung yang terletak di pusat perbelanjaan Sarinah, Thamrin, Jakarta, Kamis (23/5) dini hari.

 

Saat itu massa melempari restoran cepat saji McDonald's yang terletak di kawasan Perbelanjaan Sarinah. Akibatnya kaca restoran pecah.

 

Petugas keamanan Sarinah, Achmad Sanusi mengatakan massa hanya melempari restoran dengan batu dan tidak melakukan aksi penjarahan.

 

Selain itu, restoran ini juga menjadi saksi dari demo dan kericuhan hari HAM yang terjadi pada 10 Desember 2019 lalu.

 

Kericuhan di Sarinah tersebut merupakan buntut dari bentrok antara demonstran dengan aparat kepolisian saat selesai menggelar aksi memperingati hari HAM di Istana Negara. Saat itu massa menggelar long march menuju Kampus Atma Jaya. Namun bentrokan terjadi di depan Sarinah.

 

Kejadian selanjutnya adalah long march mahasiswa Perppu KPK yang terjadi pada Oktober 2019 lalu.

 

Mahasiswa berdemo menuntut Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang pencabut UU KPK. Mereka menggelar long march, jalan kaki menuju Istana Merdeka, Jakarta dari Dukuh Atas melewati Sarinah.

 

Namun kejadian tak terlupakan yang terjadi di area depan McDonald's Sarinah adalah ledakan bom Thamrin. Sampai saat ini kejadian tersebut masih menciptakan trauma, khususnya bagi korban dan keluarganya.

 

Ledakan bom Thamrin ini terjadi di restoran ini melainkan kafe yang ada di seberang Sarinah, Starbucks Menara Cakrawala. Namun imbasnya juga terasa sampai di sana.

 

Media pemberitaan ISIS mengklaim, serangan bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, dilakukan oleh kelompok teror tersebut.

 

Ditutupnya McDonald's Sarinah secara permanen yang sudah menjadi ikon bersejarah di Jakarta ini meninggalkan kesan dan kenangan khusus bagi banyak orang Indonesia.

 

(na)


Sumber: CNN Indonesia

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting