Register
Home FEMALE INFO Female Herald LRT Jabodebek Koridor Cibubur-Dukuh Atas Lebih Canggih Daripada MRT
14
Oct

LRT Jabodebek koridor Cibubur-Dukuh Atas Lebih Canggih Daripada MRT

Light Rail Trail (LRT) Jabodebek koridor Cibubur-Dukuh Atas yang mulai beroperasi pada 2021 bakal lebih canggih daripada moda raya terpadu alias MRT.


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan LRT Jabodebek ini akan beroperasi tanpa masinis.

 

“LRT ini lebih canggih daripada MRT dan lebih canggih juga dari LRT Palembang. LRT (Jabodebek beroperasi) tanpa masinis. Mesinnya dari dalam,” ujar Luhut saat meninjau proyek pembangunan LRT di Stasiun Harjamukti, Ahad, 13 Oktober 2019.

 

LRT rencananya digerakkan oleh teknologi Grade of Atomation atau GOA level 3 yang memiliki sistem moving block ini memungkinkan kereta dioperasikan oleh sistem komputer secara real time sehingga tidak memerlukan masinis di dalam armada. Sedangkan ruang kendali mesin LRT dipusatkan seluruhnya di Operation Control Center.

 

Setelah rampung, LRT Jabodebek koridor Cibubur-Dukuh Atas akan mampu mengangkut 1.308 orang sekali jalan. Dengan dukungan teknologi GOA 3, waktu tunggu atau headway LRT diperkirakan akan lebih pendek ketimbang MRT, yakni tak lebih dari 3 menit.

 

(na)


Sumber: Tempo.co

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting