Register
Home FEMALE INFO Female Herald Festival Gapura Cinta Negeri 2019 Tetapkan 10 Nominasi Terbaik
23
Aug

Festival Gapura Cinta Negeri 2019 Tetapkan 10 Nominasi Terbaik

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo, menyampaikan, penyelenggaraan Festival Gapura Cinta Negeri 2019 telah menetapkan 10 nominasi terbaik untuk kategori umum dari 1.793 peserta awal.

 

"Pada hari ini diselenggarakan rapat pleno sesuai tahapan adalah menetapkan 10 nominasi untuk umum dan tingkat khusus yang ditetapkan oleh Dewan Juri Kehormatan yang antara lain Pak Triawan Munaf, Pak Erick Tohir, Pak Teten, Pak Mensesneg, dan Bapak Mendagri," ujar Hadi yang juga Ketua Panitia Festival Gapura Cinta Negeri 2019 di kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (22/8).


Di tempat yang sama, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf yang juga menjadi salah satu panitia mengungkapkan bahwa nantinya juga terdapat penghargaan khusus yang masih dirahasiakan.

Namun Triawan mengisyaratkan bahwa yang berhak mendapatkan penghargaan khusus ini merupakan peserta yang melakukan usaha lebih dan kemungkinan bukan di daerah perkotaan dan mereka sulit mendapatkan bahan material untuk membuat Gapura Cinta Indonesia ini.

"Perlu saya sebut di sini ada penghargaan khusus yang sangat relevan saat kondisi sekarang, namun masih rahasia. Bukan hanya dari segi estetika, tetapi ada usaha-usaha khusus yang dilakukan, ada yang jauh dari pusat, kelangkaan material tetapi mereka berusaha dengan keras," ungkapnya.

Dalam rangka menyambut HUT RI ke-74 tahun 2019, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Ekonomi Kreatif berkolaborasi menggelar Festival Gapura 2019 dengan tema "Cinta Negeri" Indonesia. Festival ini digelar untuk menguatkan nasionalisme dan menumbuhkan semangat gotong royong bagi masyarakat di Indonesia.


Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo selaku ketua panitia mengatakan, festival ini digelar untuk menguatkan persatuan, terlebih usai digelarnya pesta demokrasi di Indonesia tahun ini.

"Kita baru saja menyelesaikan Pemilu yang panjang, dengan festival ini diharapkan dapat meningkatakan persatuan dan kesatuan, meningkatkan nilai-nilai nasionalis, hingga meningkatkan kreativitas masyarakat," katanya dalam jumpa pers di kantor Kemensetneg Jakarta, Rabu (17/7) lalu.

 

Untuk para pemenang disediakan 15 piala dan uang total Rp 1 Miliar, dengan rincian:

Pertama, 10 Piala dan Piagam untuk 10 Pemenang Gapura Kategori Umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang;

 

Kedua, 1 Piala Presiden Bergilir dan Piagam untuk Gapura Terbaik Kategori Masyarakat Umum dan hadiah uang senilai Rp 250 juta per pemenang;

 

Ketiga, 3 Piala dan Piagam untuk 3 Pemenang Gapura Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang;

 

Keempat, 1 Piala dan Piagam untuk Gapura Favorit dan hadiah uang senilai Rp 100 juta.

 

(ps)


Sumber: GATRA, INDOPOS

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting