Register
Home FEMALE INFO Female Herald BMKG Prediksi 2030 Suhu di Indonesia Naik 0,5 Derajat C
23
Jul

BMKG Prediksi 2030 Suhu di Indonesia Naik 0,5 Derajat C

Dwikorita Karnawati selaku Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan ada tren peningkatan suhu udara di Indonesia sebesar 0,5 derajat celsius pada 2030.

 

"Big data analytics BMKG menunjukkan tren peningkatan suhu udara sebesar 0,5 derajat celcius dari kondisi saat ini di Indonesia pada tahun 2030 nanti," kata perempuan yang karib disapa Rita itu dalam pembukaan Rakornas BMKG, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7).

Selain kenaikan suhu udara, Rita menyatakan potensi kekeringan bakal meningkat 20 persen pada 2030 dari kondisi yang terjadi saat ini di Pulau Sumatera bagian selatan, sebagian besar Pulau Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

"Sebaliknya pada musim hujan jumlah hujan lebat hingga ekstrem juga cenderung meningkat hingga 40 persen dibandingkan saat ini," kata mantan Rektor UGM tersebut.

 

Menurut Rita, dari sejumlah prediksi yang akan terjadi di masa depan butuh langkah antisipasi lebih dini agar masyarakat mampu beradaptasi dan melakukan mitigasi secara tepat.

Ia menilai inovasi berbasis big data analytics dan intelijen artifisial merupakan keniscayaan untuk menjaga ketangguhan dalam mengantisipasi dan menghadapi berbagai tantangan.

Rita menyebut sejumlah inovasi yang dilakukan BMKG antara lain dengan membuat peralatan pemantau cuaca otomatis, sistem prakiraan cuaca berbasis dampak, sistem digital peringatan dini kekeringan meteorologis, dan sistem digital menerima informasi gempa bumi dan tsunami.

"Dengan inovasi digital ini diharapkan koordinasi dan sinergi antar-kementerian lembaga dan pihak terkait akan lebih efektif cepat dan tepat berbasis kepada data sharing dan integrasi serta blended informasi dan analisis," ujarnya.

 

(ps)


Sumber: CNNINDONESIA

 

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting