Register
Home FEMALE INFO Entertainment 'Dear Class of 2020', BTS Mengingat Kenangan Kelulusan
08
Jun

Dear Class of 2020, BTS Mengingat Kenangan Kelulusan

Lewat Dear Class of 2020, BTS mengingatkan bahwa akan ada banyak hal di luar kendali manusia, namun satu-satunya yang bisa dikendalikan adalah diri sendiri. BTS mengingat kenangan kala baru lulus beberapa tahun lalu.

 

 

 


"Jujur, kami masih tidak yakin dan bisa tenang ketika hendak berbicara. Persis seperti kala kami meninggalkan sekolah saat malam kelulusan," kata RM, leader BTS.

 

"Banyak yang mengatakan kami telah mencapai banyak hal. Tapi kami sesungguhnya tak berbeda dengan orang-orang yang berusia 20 tahunan di luar sana. Masih canggung menatap kenyataan," ucapnya.


Hal itu disampaikan dalam acara Dear Class of 2020 yang diunggah ke YouTube pada Senin (8/6) pagi. Tujuh member BTS rata-rata berumur 20-an, mulai dari member termuda Jungkook 23 tahun dan Jin, member tertua, 28 tahun.

 

RM menyatakan BTS juga merasakan kegelisahan bahkan kehilangan setelah sejumlah acara yang dijadwalkan batal karena kondisi saat ini. Hal itu membuat BTS berkesempatan merefleksikan diri sendiri.

 

"Ketakutan akan masa depan dalam kehidupan sehari-hari merupakan waktu untuk menyadari hal-hal yang membuat saya menjadi diri sendiri," ucap musisi bernama lengkap Kim Nam-joon ini.

 

Serupa, Suga juga menyatakan turut gelisah ketika menghadapi isolasi mandiri di tengah pandemi sama seperti anak-anak muda pada umumnya. Sehingga, ia menyemangati lulusan 2020 untuk tetap bermimpi besar dan tetap bisa mengendalikan diri sendiri.

 

"Satu orang kecil bisa memimpikan hal besar, melukiskan gambaran besar dan membuat semua kemungkinan terjadi. Kita akan menghadapi banyak situasi di luar jangkauan kita. Satu-satunya yang bisa kendalikan adalah diri sendiri," tutur Suga.

 

Kim Tae-hyung atau V juga menceritakan mengenai menggapai mimpi. Ia menyatakan tak pernah terlahir dengan talenta menyanyi atau menari yang baik.

 

Namun, hal itu ia peroleh setelah belajar dan mengembangkan hasrat menyanyi dan menari dengan gigih. Menurutnya, hal tersebut yang membuatnya bisa berdiri dan ada seperti hari ini.

 

"Keberuntungan dan peluang pasti akan tersedia bagi lulusan 2020 meski sedang menghadapi kesulitan saat ini," tutur V seperti dilansir Korea Herald.

 

BTS merupakan salah satu daftar pembicara kelulusan Dear Class of 2020. Mereka menyampaikan pidato selama 12 menit yang direkam terlebih dahulu di Museum Nasional Korea.

 

Dalam kesempatan itu, BTS juga menghibur para alumni dengan menampilkan tiga lagu hit yakni Boy With Luv, Spring Day, dan Mikrokosmos.

 

Beberapa tokoh dunia turut memberikan semangat dan menyemangati lulusan 2020 seperti mantan Presiden AS Barack Obama dan Michelle Obama, mantan Sekretaris Pertahanan Robert Gates, serta aktivis Pakistan dan penerima hadiah Nobel Malala Yousafzai.

 

 

(na)

 

Sumber: CNN Indonesia

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

MD's Review

Female Travel

Joy Parenting