Register
Home MUSIC Album Review: Taylor Swift - Reputation
13
Dec

Album Review: Taylor Swift - ReputationReputation merupakan album ke-6 dari Taylor Swift yang resmi rilis di bulan November 2017 lalu. 4 album pertama dari Taylor Swift ber-genre pop country, di album ke -5, 1989, Taylor Swift mengubah haluan musik secara drastis dengan mengambil genre pop electro bahkan rock. Walau jika mengikuti perkembangan lagu-lagu Taylor Swift dari awal, mungkin menyadari bahwa perubahan ini memang akan terjadi, karena di album ke-4 kita sudah mulai mendengar influence musik electro di lagu-lagu seperti I Knew You Were Trouble dan We Are Never Ever Getting Back Together.

 

Dibanding album 1989 yang ada unsur musik rock, terutama di lagu Style dan Out of the Woods, di album Reputation, Taylor Swift terdengar lebih "kalem" karena fokus dari album ini hanyalah pop electro. Tapi sebenarnya, apapun genre yang Taylor Swift usung untuk tema albumnya, kekuatan terbesar dari Taylor Swift bukan hanya di musik, melainkan dari liriknya.

 

Single pertama dari album ini adalah Look What You Made Me Do. Dalam video klip dan lagunya kita bisa mendengarkan kalimat "I'm sorry the old Taylor can't come to the phone right now, why? oh 'cause she's dead", kalimat tersebut sebenarnya mungkin hanya berlaku untuk musik, tapi tidak untuk lirik. Karena seperti album-album terdahulu, lirik dari lagu-lagu Taylor Swift di album Reputation masih bertema "bercerita", "curhat" dan "dramatisir".

 

Dari segi musik, Look What You Made Me Do, mengambil sample dari lagu lama milik Right Said Fred yang berjudul I'm Too Sexy, musiknya juga dibuat catchy seperti single pertama di album 1989, Shake It Off. Uniknya, sama seperti Shake It Off dari album 1989, secara musik, lagu Look What You Made Me Do juga tidak terdengar seperti lagu-lagu lain di album Reputation. Mungkin karena memang sudah disiapkan sebagai single pertama, lagu ini dibuat berbeda, seperti untuk mengambil perhatian, tapi bukan untuk menyampaikan pesan.

 

 

Lagu End Game yang merupakan track ke-2 di album ini, dirilis sebagai single ke-3. Lagu ini menampilkan rapper Future dan Ed Sheeran. Di lagu ini Ed Sheeran tidak bernyanyi, tapi nge-rap seperti Future. Dalam acara tahunan iHeartradio, Jingle Ball kemarin, Taylor membawakan lagu ini dan mengejutkan penggemarnya dengan membawa Ed Sheeran ke atas panggung.

 

 

Lagu End Game yang merupakan track ke-2 di album ini, dirilis sebagai single ke-3. Lagu ini menampilkan rapper Future dan Ed Sheeran. Di lagu ini Ed Sheeran tidak bernyanyi, tapi nge-rap seperti Future. Dalam acara tahunan iHeartradio, Jingle Ball kemarin, Taylor membawakan lagu ini dan mengejutkan penggemarnya dengan membawa Ed Sheeran ke atas panggung.

 

New Year's Day merupakan single ke-4, lagu ini pertama kali dibawakan langsung oleh Taylor di acara Tonight Show with Jimmy Fallon. Jimmy Fallon bahkan menangis setelah Taylor Swift selesai membawakan lagunya. Lagu ini merupakan satu-satunya lagu balada yang ada dalam album Reputation. Musiknya hanya menggunakan piano. Dan liriknya masih "bercerita" tentang keinginan Taylor untuk tetap bersama dengan kekasihnya walau banyak halangan yang akan mengganggu.

 

 

Gorgeous, merupakan lagu yang sedang sering diputar oleh Female Radio, walau bukan (belum) single resmi, tapi Taylor Swift mem-posting video lirik dari lagu ini di channel youtube-nya. Di lagu ini Taylor bercerita tentang rasa jatuh cinta yang dirasakan di saat dia masih memiliki kekasih. Lagu Dress dan Call It What You Want juga memilik tema yang mirip dengan Gorgeous.

 

 

Reputasi Taylor yang sering berganti-ganti pacar mungkin menjadi fokus dari pemberitaan media, tapi Taylor juga terkenal sebagai anak baik-baik, tak pernah terlibat masalah narkoba atau masalah hukum, dekat dengan fans, dekat dengan keluarga, dan memiliki banyak teman di kalangan artis, terutama sesama penyanyi dan model. Tapi di lagu This Why We Can't Have Nice Things, kita bisa mendengar Taylor yang lebih nakal, lirik di lagu ini kental dengan kalimat-kalimat bernuansa sarkasme.

 

Lagu favorite saya di album Reputation berjudul Getaway Car, terlepas dari musik yang merupakan jenis musik synth pop dan ketukan drum gated reverb (ketukan tahun 80an) yang membuat lagu ini lebih stand out, cara Taylor menulis lirik yang benar-benar bercerita, dan membuat saya bisa membayangkan adegan seperti dalam film action.

 

Media cetak dan elektronik seperti Rolling Stones, Pitchfork, NME, The Daily Telegraph, rata-rata memberikan 4 dari 5 bintang untuk album Reputation. Jika saya sebagai MD Female Radio harus memberikan penilaian, mungkin juga tidak terlalu jauh berbeda, saya berikan 4 dari 5 bintang untuk Reputation.

 

Dewina Irwin

Music Director 97.9 FeMale Radio

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting