Register
Home MUSIC Top 10 Hits Music 2016 Versi FeMale Radio
30
Dec

michael jacksonTahun 2016 begitu banyak musik yang hits. Beberapa diantaranya masuk dalam tangga lagu Billboard. Menjelang berakhirnya tahun 2016, FeMale Radio membuat daftar Top 10 Hits Music in 2016. Berikut urutannya mulai dari peringkat 10 hingga 1:

 

10. Work From Home

Berita terakhir dari grup wanita asal Amerika, Fifth Harmony ini memang kurang menyenangkan karena salah satu anggotanya ternyata memilih untuk bersolo karir dan keluar dari grup. Tapi di bulan Februari 2016 ketika semuanya masih baik-baik saja, Fifth Harmony merilis single pertama dari album kedua mereka. Single berjudul Work From Home ini merupakan lagu pertama di chart Billboard dari grup wanita selama 10 tahun. Terakhir grup wanita yang tampil di tangga lagu Billboard adalah Pussycat Dolls di tahun 2006 dengan lagu Buttons. Di bulan Oktober 2016, youtube menetapkan bahwa video klip untuk lagu ini merupakan video klip yang paling sering dilihat sepanjang 2016 dengan pemutaran sebanyak lebih dari 1 milyar kali.

 

9. Sorry

Setelah sukses bekerja sama dengan DJ asal Amerika, Skrillex untuk proyek Jack-U dan merilis single Where Are You Now, Justin Bieber rupanya menarik Skrillex untuk membantunya memproduseri album Purpose di tahun 2015. Hasilnya, musik dari album tersebut terdengar lebih fresh dan lebih bisa didengarkan oleh semua kalangan. Single Sorry merupakan single kedua dari Purpose, dirilis bulan Oktober 2015, video klip-nya yang bahkan tidak menampilkan Justin Bieber sama sekali, sudah ditonton lebih dari 2 milyar kali sampai bulan Desember 2016 ini.

 

8. Hello

Setelah vakum selama 3 tahun, Adele akhirnya merilis album baru di bulan Desember 2015 dan Hello merupakan single pertamanya yang dirilis pada bulan Oktober 2015. Walau sudah dirilis agak lama, Hello masih sering kita dengar dari awal hingga pertengahan tahun 2016. Dalam waktu seminggu, single ini sudah terjual lebih dari 1 juta kopi. Dalam waktu 24 jam semenjak video klip untuk lagu ini dirilis di youtube, videonya sudah dilihat lebih dari 27,7 juta kali, mengalahkan video klip Bad Blood milik Taylor Swift yang hanya dilihat sebanyak 20 juta kali dalam rentang waktu yang sama. Hello mendapatkan 3 nominasi Grammy 2017, dan album 25 mendapatkan 2 nominasi, sehingga total nominasi Grammy 2017 untuk Adele adalah 5 nominasi. Dalam acara Carpool Karaoke-nya James Corden, Adele mengungkapkan bahwa Adele sendiri yang memainkan alat musik drum untuk lagu ini.

 

7. Treat You Better

Billboard menempatkan Treat You Better di posisi 42 untuk daftar lagu pop terbaik sepanjang 2016. Lagu ini dirilis pada bulan Juni 2016 oleh penyanyi asal Kanada, Shawn Mendes. Treat You Better bercerita tentang hubungan yang abusif. Pada bagian akhir video klipnya, kita bisa melihat informasi untuk pertolongan bagi korban kekerasan dalam hubungan.

 

6. 7 Years

Dirilis secara digital di bulan September 2015, 7 Years merupakan single pertama dari album kedua milik band asal Denmark, Lukas Graham. Lagu ini kemudian mulai terdengar di tangga lagu seluruh dunia di bulan Februari 2016. Sampai bulan Desember 2016 ini, video klip untuk lagu 7 Years sudah dilihat sebanyak lebih dari 450 juta kali di youtube. Lukas Graham dan 7 yearsini juga mendapatkan 3 nominasi untuk Grammy 2017 mendatang.

 

5. Side To Side Side to Side

Sempat masuk chart UK Chart Single di bulan Juli, jauh sebelum single ini dirilis secara resmi. Dan ketika akhirnya lagu ini dirilis sebagai single ketiga pada bulan Agustus, lagu ini segera kembali masuk chart di Eropa dan Billboard dan juga tangga lagu mainstream di Amerika, serta beberapa negara seperti Australia dan New Zealand. Side to Side diambil dari album ketiga milik Ariana Grande berjudul Dangerous Woman yang dirilis bulan Mei 2016. Ariana Grande dan Nicki Minaj, yang mengisi vokal rap di lagu ini, sebelumnya sempat bekerja sama untuk single Bang Bang milik penyanyi asal Inggris, Jessie J. Ketika Ariana dan juga Nicki membawakan lagu ini di acara American Music Awards 2016, banyak yang menilai bahwa penampilan mereka merupakan salah satu dari penampil terbaik pada malam itu. Karena penyanyi dan musisi lain hanya tampil lip-sync di panggung AMA 2016 tersebut.

 

4. Starving

Starving merupakan single dari penyanyi sekaligus aktris Hailee Steinfeld yang pernah tampil dalam film-film seperti True Grit, Pitch Perfect 2 dan Ender’s Game, bersama dua produser musik kakak beradik yang lebih dikenal dengan nama Grey. Lagu ini juga menampilkan DJ asal Rusia, Zedd sebagai produser untuk transisi tempo sehingga lagunya menjadi lebih catchy karena liriknya jadi lebih terdengar. Dirilis pada bulan Juli 2016, Starving langsung menempati posisi atas untuk tangga lagu di Amerika, Eropa, Australia dan juga Kanada, selain itu lagu ini ternyata juga menempati posisi 6 di tangga lagu Indonesia yang diprakarsai oleh ASIRI (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia).

 

3. Aku Cuma Punya Hati

Walaupun lagu ini dirilis bulan April tahun 2015, tapi di tahun 2016 lagu ini masih bisa kita dengar setiap hari di hampir seluruh radio yang ada di Indonesia. Mytha yang merupakan pemenang pertama ajang Mamamia tahun 2007 merilis album kedua berjudul Cuma Punya Hati di tahun 2016, enam tahun sejak Mytha merilis album pertama yang berjudul Cuma Kamu Cuma Aku di tahun 2010. Video lirik dari lagu ini di youtube, sudah dilihat sebanyak lebih dari 34 juta kali.

 

2. This Is What You Came For

Lantai dansa sepertinya akan sepi jika Calvin Harris tidak merilis single baru setiap tahunnya. Single This Is What You Came For dirilis bulan April 2016 dan langsung menempati nomor 3 di tangga lagu Billboard dan nomor 2 di tangga lagu UK Chart Single dari Inggris. This What You Came For menandai kali ketiga Rihanna dan Calvin Harris bekerja sama, setelah sebelumnya Calvin Harris yang memiliki nama asli Adam Wiles ini membantu Rihanna di lagu We Found Love dan juga Where Have You Been. Awalnya nama Calvin Harris dan Nils Sjöberg ditulis sebagai dua orang yang menulis lagunya. Calvin mengerjakan musik sedangkan Nils yang menulis lirik serta mengisi vokal untuk versi demo. Tapi, di bulan Juli 2016, situs TMZ membocorkan, bahwa yang menulis lirik This Is What You Came For itu sebenarnya Taylor Swift yang ketika single-nya dirilis masih berstatus pacar Calvin Harris. Taylor menggunakan alias karena tidak ingin hubungan mereka pada saat itu membayangi perilisan single tersebut.

 

1. Closer

Closer merupakan single dari The Chainsmokers bersama penyanyi wanita pendatang baru Halsey, yang dirilis pada bulan Juli 2016. The Chainsmokers sempat merilis single berjudul #selfie di tahun 2014, lagu tersebut cukup sukses di beberapa negara, bahkan sempat masuk tangga lagu Billboard Hot 100 di posisi 20. Tapi, single Closer merupakan satu-satunya single dari duo DJ yang terdiri dari Alex Pall dan Andrew Taggart yang berhasil menempati nomor 1 di tangga lagu Billboard dan juga di lebih dari 10 negara seperti Australia, Kanada, New Zealand, Irlandia dan juga Inggris. Lagu ini bahkan masuk nominasi Grammy tahun 2017 mendatang dengan kategori Best Pop Duo/Group Performance. Awalnya Andrew Taggart meragukan kemampuan bernyanyinya sebelum merekam lagu ini, namun Shaun Shank, DJ asal Kanada dan juga salah satu dari beberapa orang yang ikut menulis Closer, memaksa Andrew untuk mengisi vokal. Jika didengarkan dengan seksama, lagu Closer ini sebenarnya mirip dengan lagu Over My Head (Cable Car) milik band The Fray, oleh sebab itu nama Isaac Slade dan Joe King dari The Fray dimasukkan sebagai penulis lagu.

 

Itu dia urutan Top 10 Hits Music 2016 versi FeMale Radio. Kalau Anda sendiri punya musik favorit di 2016?

 

 

Dewina Irwin

Music Director 97.9 FeMale Radio

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting