Register
Home GALLERY Podcast
15
Feb

#FTJ: Standarisasi Travelling

Hai pendengar FeMale, siapa sih yang nggak mau jalan-jalan hemat atau bahkan gratis? Nah, bulan ini saya akan bahas semuanya mengenai jalan-jalan hemat dan gratis.

 

 

Sebenarnya traveling itu nggak perlu mahal, asal kita tau bagaimana caranya, kita pasti bisa traveling ke mana pun yang kita mau. Tapi sebelum kita memutuskan untuk traveling hemat, kita harus tau dulu standar kita seperti apa. Apakah kita harus menginap di hotel berbintang atau tidak masalah menginap di dormitory atau apartment local? Terus apakah kita harus naik transportasi pribadi ke mana-mana, atau tidak masalah menggunakan transportasi umum?

 

Kendala traveling hemat yang pertama adalah standarisasi kita. Tujuannya mau berhemat biaya penginapan dan biaya transportasi, tapi kita nggak nyaman, jadi terpaksa harus mengeluarkan uang extra untuk hotel dan taksi. Kendala traveling hemat yang kedua adalah tidak memiliki batasan belanja. Banyak kejadian yang sudah berhasil traveling hemat tapi begitu urusan belanja tidak bisa mengendalikan diri. Jadi kalau kita mau sukses traveling hemat, harus menurunkan standard dan mengendalikan nafsu belanja.

 

Cara traveling hemat menurut saya ada 3 tahap. Sebelum perjalanan, di saat perjalanan, dan sesudah perjalanan. 

 

 

 

Claudia Kaunang


Edited by (ins)