Register
18
Oct

Upgrade Potensimu

Sebagai orang tua, apakah Anda sudah memperkirakan dan mempersiapkan biaya yang dibutuhkan untuk mendanai pendidikan anak dari masuk pre school hingga kuliah nanti? Atau sebagian dari kita justru berpikir, ‘Ah nanti saja, kan masih sekolahnya masih lama’

 

Padahal dilansir dari www.kompas.com, 2017, kenaikan biaya pendidikan lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan gaji karyawan. Dan bahkan 9 dari 10 orang tua belum punya persiapan dana untuk pendidikan anak.

 

Upgrade PotensimuHal inilah yang menjadi perhatian dari Bank OCBC NISP untuk memberikan edukasi terutama untuk orangtua muda, agar bisa mempersiapkan dana pendidikan sedari dini. Atas dasar inilah pada hari Sabtu, 29 September 2018, Bank OCBC NISP bersama FeMale Radio menyelenggarakan fun talkshow dan sharing session dengan narasumber Ahmad Gozali-perencana keuangan-, Senandung Nacita sebagai perwakilan orang tua muda dan Ivy Ngatio, selaku OCBC NISP Retail Funding Head.

 

Ahmad Gozali menjelaskan bahwa ada 3 kesalahan yang seringkali dilakukan oleh orang tua dalam merencanakan dana pendidikan anak.

 

Yang pertama, asal punya tabungan.

Upgrade PotensimuBiasanya orangtua merasa cukup punya tabungan atau polis asuransi dan merasa sudah aman dengan memiliki tabungan. Padahal harus diperhatikan apakah akun tabungan atau asuransinya sudah mencukupi dan sesuai dengan tujuan masa depan anak. Tanpa tujuan yang jelas, bisa-bisa orangtua salah memilih produk keuangan sehingga tujuan untuk memberikan dana pendidikan yang cukup tidak akan tercapai.

 

Yang kedua, menabung dari uang sisa.

Inilah kesalahan kedua yang harus dihindari. Seharusnya begitu orangtua mendapatkan penghasilan bulanan, pos pertama setelah semua kewajiaban cicilan dijalankan adalah langsung memisahkan dana untuk ditabung. Terutama untuk mereka yang penghasilan bulanannya tidak tetap seperti halnya pengusaha.

 

Yang ketiga, menunda.

Upgrade PotensimuPadahal seperti yang disebutkan di atas, kenaikan biaya pendidikan lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan gaji karyawan. Sehingga penundaan sekecil apapun akan membuat orangtua kehilangan kesempatan untuk mencukupi kebutuhan dana pendidikan anak.

 

Menanggapi penjelasan dari Ahmad Gozali, Ivy Ngatio selaku OCBC NISP Retail Funding Head menjelaskan bahwa OCBC NISP mengusung pesan “Upgrade Potensimu” yang merupakan seruan positif untuk keluar dari pola hidup stagnan dan tidak berkembang. Dimana untuk kita yang berani upgrade potensi, ada dukungan produk perbankan dari Bank OCBC NISP, yang akan memberi akses untuk kemudahan transaksi finansial, pengingkatan usaha, dan pengembangan investasi lebih baik, termasuk untuk membantu orangtua menyiapkan dana pendidikan anak sesuai kebutuhan masing-masing.

 

1. Mulai perhitungan Perencanaan

Karena masing-masing orangtua memiliki kemampuan dan kebutuhan yang berbeda sehingga Bank OCBC NISP akan membantu perencanaan sesuai kebutuhan masing-masing orangtua. Wealth journey akan membantu anda dalam merencanakan kebutuhan keuangan di masa yang akan datang. Anda bisa masuk ke website www.ocbcnisp.com -> personal banking -> financial health check up.

 

2. Memilih instrumen keuangan yang sesuai

Dibantu dengan financial consultant, para orangtua akan dibantu untuk memilih instrumen keuangan sesuai profil resiko dan kebutuhan masing-masing orangtua.

 

3. Membantu merealisasikan mimpi dengan diversifikasi, sambil tetap menjaga gaya hidup #Upgrade Potensimu

OCBC NISP juga memahami bahwa orangtua muda jaman sekarang tidak bisa lepas dari kebutuhan gaya hidup seperti hang out dan wisata, sehingga Bank OCBC NISP pun memiliki produk keuangan yang menjaga gaya hidup dan memberikan kesempatan bagi semua orang untuk #Upgrade Potensimu. Salah satunya adalah dengan membuka Deposito Online Rp. 10 juta, minimal 6 bulan dan bertransaksi satu kali akan mendapatkan e-voucher GOPAY sebesar Rp. 250ribu.

 

4. OCBC NISP membantu reguler monitoring

Dengan 300 lebih cabang dan lebih dari 500 financial consultant, para orangtua tidak perlu khawatir karena akan dibantu monitoring kebutuhan financial mereka. Dengan aplikasi mobile banking ONe Mobile, para orang tua juga dapat melakukan regular monitoring dan berbagai transaksi perbankan lainnya tanpa harus ke cabang.

 

Senandung Nacita (influencer), Ibu dengan anak usia 19 bulan juga menyatakan bahwa edukasi seperti ini sangat diperlukan oleh para orangtua muda, karena dengan banyaknya kebutuhan leisure seperti berlibur dan hang out, hal penting seperti menyiapkan dana pendidikan seringkali terlewatkan.

 

Dalam sesi tanya jawab, lebih dari 15 pertanyaan diajukan oleh para orangtua, hal ini membuktikan bahwa sebenarnya orangtua muda juga sangat peduli terhadap kebutuhan dana pendidikan anak yang harus mereka siapkan.

 

Kunjungi www.ocbcnisp.com untuk mengetahui dana pendidikan yang anda butuhkan dengan financial check up. Jadi tunggu apalagi, yuk #Upgrade Potensimu dalam mempersiapkan dana pendidikan anak Anda!