Register
Home FEMALE INFO Jakarta's Info Kendaraan Angkuran Barang Makin Dibatasi
03
Aug

Kendaraan Angkuran Barang Makin Dibatasi

Dinas Perhubungan DKI Jakarta memberlakukan pembatasan jam bagi kendaraan angkutan barang di jalan tol yang menjadi rute para atlet menuju venue Asian Games.

 

 

 

 

"Kami juga mengurangi jam pemberlakuan kendaraan angkutan barang di atas roda tiga sumbu di pintu tol," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Andri Yansyah di Balai Kota Jakarta, Kamis (2/8).

Semula, kata Andri angkutan barang diperbolehkan melintas mulai pukul 05.00-22.00. Namun, kemudian dibatasi hanya boleh melintas pada pukul 06.00-19.00. 

 

"Dengan pertimbangan pada jam 15.00 sudah tidak ada lagi atlet yang melakukan perjalanan menuju venue, adanya dari venue ke wisma atlet, tidak terburu-buru," tuturnya. 

Sebelumnya, dari 19 pintu tol yang direncanakan akan ditutup, akhirnya diputuskan hanya tujuh pintu tol saja yang ditutup. 

Menurut Andri keputusan hanya tujuh pintu tol yang ditutup untuk mengurangi dampak kemacetan yang ditimbulkan. 

"Kami melihat kemacetan adanya penutupan pintu tol," ujarnya. 

 

Dengan penutupan pintu tol itu, Andri berharap target waktu tempuh atlet menuju venuedapat tercapai. 

Dihub DKI, Dirlantas Polda Metro Jaya, serta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek telah melakukan simulasi perjalanan para atltet dari wisma atltet Kemayoran menuju venue. 

Simulasi tersebut hanya dilakukan di dua lokasi, yakni Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat; dan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. 

Berdasarkan perhitungan waktu selama simulasi, Yusuf mengatakan hanya dibutuhkan waktu 20 menit dari Wisma Atlet menuju GBK dan sebaliknya. Hasil ini lebih cepat satu menit dari sumulasi sebelumnya.

Sementara itu, waktu tempuh dari Wisma Atlet menuju TMII dibutuhkan waktu 27 menit, dan begitu juga sebaliknya. 

 

"Kita bandingkan simulasi yang terdahulu tanpa adanya penutupan ruas jalan tol ini waktunya sama 27 menit juga sehingga kita ambil kesimpulan bahwa rencana kita melaksanakan [penutupan pintu tol] pada saat atlet berangkat dari Wisma Atlet ke venue dengan 10 pintu tol ditutup dari 06.00 - 17.00 WIB dan kembalinya 12.00-21.00 WIB ini kita kurangi," tutur Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Rabu (1/8). 

  

 


(ins)


Sumber: cnnindonesia


 

Search

Advertise Here

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting