Register
Home FEMALE INFO Jakarta's Info Nikmatnya Masakan Bali Putu Made
07
Dec

Nikmatnya Masakan Bali Putu Made

Chef Mandif Warokka adalah chef Bali yang mendunia. Penggemar masakan Bali di Jakarta kini bisa cicip hidangannya di restoran baru ini.


Chef Mandif menoreh banyak prestasi di kancah nasional dan internasional dalam hal kreasi kuliner Nusantara terlebih hidangan Pulau Dewata. Ia diajak Boga Grup melalui restoran Putu Made menyajikan masakan Bali di Jakarta.

Bertema 'Flavors of Bali,' restoran di lantai 5 Senayan City ini resmi dibuka pada 7 Desember mendatang. Dalam temu media siang tadi (5/12), Presiden Direktur Boga Grup mengungkap visi hadirnya Putu Made di Jakarta.

 

"Semua orang tahu tempat wisata di Bali. Tapi belum tentu tahu kulinernya. Beda dengan Korea yang dikenal dengan wisata juga kulinernya. Kita ingin menjadi ambassador Bali untuk memperkenalkan masakan Bali ke dunia," ujar Kusnadi Rahardja.

Putu Made menghadirkan konsep modern tanpa meninggalkan aksen budaya Bali yang kental. Untuk hidangannya, restoran menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang biasa disebut basa genep di Bali. 

Konsep basa genep adalah menciptakan rasa tepat dari proses penyatuan berbagai bumbu dan rempah seperti lengkuas, kunyit, jahe, dan kencur.

Salah satu hidangan andalan di sini adalah Putu Made Bebek Betutu. Di tangan Chef Mandif, Anda dapat merasakan bebek betutu asli Bali dengan sentuhan istimewa.

 

"Bebek betutu kita ini beda banget karena kita masak pake upi. Orang-orang masak dengan daun pisang, sebetulnya itu tidak autentik. Upi adalah kulit kering dari palem. Jadi kita masak itu (bebek) dengan sangat panjang, sampai bebeknya itu tender dan soft. Dan bumbunya itu masuk dalam daging dan sampai ke tulang tulangnya," ujar Chef Mandif.

Selain menghadirkan hidangan Bali yang kaya rempah, resto ini punya konsep Live Grill. Pengunjung bisa melihat langsung para chef memanggang menu pesanan. Proses pemanggangannya istimewa karena memakai serabut kelapa yang dibakar guna mempertahankan rasa autentik. 

Untuk menu pembuka, Chef Mandif membuat kreasi hidangan modern dengan jeruk Bali bernama Rujak Udang & Jeruk Bali. Rasa hidangan ini sangat menyegarkan. Lidah Anda dimanjakan dengan campuran selada, timun, pepaya, udang dan jeruk bali yang kemudian ditaburi kacang tanah goreng dan saus spesial. 

 

Hidangan utama andalan Putu Made selain bebek betutunya adalah Sop Ikan Tenggiri, Sate Platter, Bebek Goreng Ubud, dan Ekor Tenggiri Bakar. Anda bisa memilih Lawar Jagung Bakar dan Lawar Kacang Panjang sebagai menu pendamping.

Setelah menyantap hidangan pembuka dan utama, enaknya menyantap sajian manis sebagai dessert. Di sini dessertnya juga tradisonal seperti Pisang Rai dan Klepon isi Nangka.

Pencinta masakan Bali pastikan mampir ke Putu Made di Senayan City. Harga sajian di restoran ini berkisar Rp 20.000 - Rp 200.000.




 

 

(diandrips)


Sumber: www.detik.com

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting