Register
Home FEMALE INFO Jakarta's Info Bank Dunia Biayai Penuh Jalan Layang TJ Ke Poris
10
Aug

Bank Dunia Biayai Penuh Jalan Layang TJ Ke Poris

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Said Endrawiyanto menyampaikan, World Bank atau Bank Dunia akan membiayai penuh perpanjangan elevated busway atau jalan layang bus transjakarta dari Ciledug hingga Poris.

 

Pembangunan ini merupakan bagian proyek strategis nasional yang menghubungkan rute bus transjakarta Koridor 13 (Tendean-Ciledug) sampai ke wilayah Kota Tangerang hingga pemberhentian terakhir di Terminal Poris Plawad.


"Kami sudah melakukan pertemuan dengan Bappenas, dihasilkan suatu kesepakatan bahwa ini akan ditangani pemerintah pusat dan menggunakan skema pembiayaan melibatkan pihak World Bank," kata Said saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (10/8/2017).


Said menyampaikan, awalnya ada dua opsi tahapan sebelum merealisasikan proyek ini. Opsi pertama, pendanaannya melalui anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Opsi kedua, melalui pinjaman dari World Bank.


Pelaksanaan proyek ini ada di tangan pemerintah pusat karena pembangunannya lintas wilayah, yakni melibatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi Banten.


Namun, masing-masing pemerintah daerah tetap mengerjakan bagiannya, seperti Pemprov DKI Jakarta yang telah membangunelevated busway atau jalan layang khusus bus Koridor 13 dari Tendean hingga Universitas Budi Luhur yang berlokasi di perbatasan Jakarta Selatan dengan Kota Tangerang.


Berikutnya, bagian Pemerintah Kota Tangerang yang membangun perpanjangan jalan layang untuk menghubungkan jalan layangeksisting hingga Ciledug sampai Poris.


Menurut Said, pihaknya sudah merampungkan rencana dan detail teknis pembangunan jalan layang di kawasannya.


Bappeda Kota Tangerang tinggal menunggu hasil skema pembiayaan yang sedang diproses Bappenas bersama World Bank.


"Sedang diproses agar pembangunan fisik bisa segera dijalankan. Kami dari Pemerintah Kota Tangerang sudah siap," kata Said.


Setelah jalan layang khusus bus ini tersambung, warga dari kawasan selatan, termasuk Jakarta Selatan, bisa menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan mudah.


Caranya, menggunakan layanan bus melalui jalan layang hingga di Terminal Poris Plawad lalu berganti moda dengan kereta bandara.


(ps)


Sumber: www.kompas.com

 

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting