Register
Home FEMALE INFO Jakarta's Info GBN 2017 Usung Pesona Batik Warna Alam
09
Jun

GBN 2017 Usung Pesona Batik Warna Alam

Batik merupakan budaya bangsa Indonesia yang sudah diakui UNESCO pada 30 September 2009 sebagai warisan budaya tak benda asli Indonesia. Bahkan batik telah menjadi icon Indonesia.

 

Yayasan Batik Indonesia, untuk ke-10 kalinya menyelenggarakan Gelar Batik Nusantara (GBN) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 7-11 Juni 2017. Kali ini GBN mengusung tema “Pesona Batik Warna Alam”.


Ketua Panitia Gelar Batik Nusantara 2017, Etna Giatna mengatakan, tema tersebut dipilih karena sejarah dalam perjalanan perkembangan batik di Indonesia. “Pewarnaan batik awal mulanya dari keanekaragaman hayati kulit kayu, daun, buah, bunga dari berbagai tanaman yang ada di lingkungan sekitar,” ujarnya, di Jakarta, Rabu (7/6).


Alasan lain, dipilihnya tema warna alam yang cukup penting adalah agar batik Indonesia dapat bersaing di pasar global dengan mempertahankan sustainable fashion.


Penggunaan batik berbahan serat dan pewarna alami, merupakan bukti perpaduan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati yang akan berdampak pada pelestarian keanekaragaman hayati dan pendapatan ekonomi masyarakat.


Ia menjelaskan, dahulu masyarakat yang membuat batik belum mengenal pewarna batik kimia (indigosol dan napthol). Untuk memperoleh warna-warna yang diinginkan, mereka memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarnya sebagai pewarna alam. Sebut saja kulit pohon mahoni, duwet, tingi, jambal, tegeran, daun indigo, daun mangga, secang dan lainnya.


GBN tahun ini diikuti sebanyak 400 peserta. GBN 2017 kali ini akan menyajikan banyak acara menarik seperti talkshow sekaligus workshop membatik dengan perwarnaan alam, menghadirkan penampilan dari Gitar Batik Peraih MURI dan juga penyelenggaraan Putra Putri Batik Nusantara.


(ps)


Sumber: www.sinarharapan.net

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Joy Parenting