Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Penderita Trypophobia Dibuat 'Geli' Melihat Kamera iPhone 11
13
Sep

Penderita Trypophobia Dibuat 'Geli' Melihat Kamera iPhone 11

Apple meluncurkan iPhone 11 dengan desain dan spesifikasi yang baru. iPhone 11 memiliki harga jual yang cukup membebani kantong. Terdapat dua kubu setelah iPhone 11 ini resmi dikenalkan, pujian dan nyinyiran.

 


Banyak yang tidak suka fitur kamera iPhone 11 ini, pasalnya terdapat tiga kamera yang membuat sebagian orang geli, khususnya penderita trypophobia.

 

Apakah itu trypophobia?

 

Trypophobia adalah ketakutan intens dan tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata terhadap lubang kecil, pola lubang yang berkerumun dan kelompok lingkarang atau bulatan kecil yang teratur seperti sarang madu, gelembung busa dan kelopak mata serangga.

 

Mengutip berbagai sumber, trypophobia diklaim diciptakan oleh salah satu warganet dalam forum online. Kata ini berasal dari dua kata Yunani, yaitu trypo yang berarti lubang dan phobos berarti ketakutan.

 

Namun beberapa hasil studi mengungkapkan bahwa dibanding rasa takut melainkan rasa jijik. Reaksi jijik pada lubang ini berhubungan dengan respons revolusioner manusia pada penyakit atau infeksi parasit.

 

Penderita Trypophobia Dibuat 'Geli' Melihat Kamera iPhone 11

 

Psikolog, Geoff Cole, pemimpin studi mengungkapkan bahwa ketakutan ini bersifat luas dan mendominasi. Selain itu trypophobia juga berkaitan dengan reaksi tubuh akan ancaman dari zaman kuno.

 

Cole menambahkan bahwa semua orang punya kecenderungan mengidap trypophobia. Hanya saja banyak orang yang tak sadar. Mengutip CNN, penelitian dari University of Essex mengungkapkan bahwa fobia muncul karena sebagian pola tersebut merangsang imajinasi berbagai karakter visual dasar dari organisme berbahaya.

 

Rasa jijik dan takut pada lubang berpola seperti pada kasus iPhone 11 ini cukup mudah dikenali. Reaksi pertamanya adalah bergidik atau merinding, kulit dan wajah memucat. Frekuensi denyut jantung berubah cepat setelah melihat lubang-lubang tersebut.

 

(na)

 

SUMBER: CNN Indonesia

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting