Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Bersih-bersih Yuk: Tips Membersihkan Laptop Luar Dalam
28
Aug

Bersih-bersih Yuk: Tips Membersihkan Laptop Luar Dalam

Ahli kebersihan Jolie Kerr menyebutkan, ada empat hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga laptop tetap bersih: alkohol, kain microfiber, kapas, dan alat peniup debu.

 

Alkohol dengan 90% isopropyl tidak akan menyebabkan kerusakan pada komponen internal laptop. Jika pengguna laptop memiliki kotoran yang susah untuk di hilangkan, gunakan spons melamin. Namun, tetap hati-hati dalam penggunaannya karena sifat spons melamin yang kasar.

Jika melihat satu set perangkat pembersih perangkat di toko elektronik, jangan langsung tergiur membelinya. Perlengkapan yang ada di rumah juga bisa digunakan agar menghemat pengeluaran.

 

Dengan alat peniup debu, kotoran akan berterbangan. Jadi, percuma jika membersihkan layar terlebih dahulu. Karena itu, mulailah dengan membersihkan atau meniupkan debu-debu yang ada di sela-sela perangkat menggunakan udara yang dikompresi.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan laptop. Kemudian, cabut kabel power dan lepaskan baterai laptop jika bisa dilepaskan.

Gunakan peniup debu untuk menghilangkan semua kotoran yang melekat, dan tiupkan ke setiap celah yang ada seperti, keyboard, lubang angin, bahkan port USB.

Semprotkan udara dari peniup debu pada bagian dalam laptop. Hal ini untuk mencegah penumpukan debu dari waktu ke waktu dan menyebabkan laptop terlalu panas.

Bagi pengguna laptop yang merokok atau yang memiliki hewan peliharan, harus lebih sering dan berhati-hati membersihkan laptop. Pasalnya, debu, asap, bulu hewan, dan partikel lainnya lebih mudah masuk ke dalam celah-celah laptop.

 

Gunakan kain microfiber, tuangkan alkohol di kain microfiber, peras agar cairan alkohol tidak menetes. Bersihkan permukaan laptop. Kapas pembersih dan alkohol juga dapat digunakan untuk membersihkan keyboard dan ruang kecil antar keyboard.

Jika ada noda yang susah hilang, gosokkan spons melamin secara perlahan dan tetap hati-hati untuk mencegah kerusakan penampilan laptop.

Perawatan akan sedikit berbeda ketika membersihkan layar. Pengguna harus dapat membersihkan bekas sidik jari yang menempel menggunakan kain microfiber yang kering.

Akan tetapi, jika memang noda yang menempel membutuhkan usaha ekstra untuk membersihkannya, tuangkan sedikit air pada kain. Hindari penggunaan sabun pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia yang bersifat keras seperti ammonia atau alkalin untuk membersihkan layar.

 

Bagian dalam

Setelah bagian luar dibersihkan, sekarang saatnya membersihkan bagian “dalam” dari laptop. Bagian dalam ini tentu saja bukan membongkar bagian dalam laptop, melainkan membersihkan berbagai “sampah” di harddisk kamu yang bisa menyebabkan laptop berjalan lambat.

Bersih-bersih Yuk: Tips Membersihkan Laptop Luar Dalam

Kamu bisa menggunakan pembersih bawaan Windows atau software pihak ketiga seperti CleanCC untuk membersihkan berbagai file sampah di laptop. Caranya adalah klik Start dan ketik “disk cleanup” di search bar. Setelah itu pilih partisi mana yang akan dibersihkan dan ikuti saja proses pembersihan.


Untuk pengguna Macbook (versi High Sierra atau 10.13), kamu bisa mencoba dengan cara klik pada ikon Apple, dan klik “About This Mac”. Setelah itu klik tab storage dan klik tombol manage. Dari situ kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang tidak dipakai serta file-filelainnya yang bisa kamu pindahkan atau hapus.


(ps)

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting