Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Seberapa Penting Vitamin B12 untuk Kesehatan Tubuhmu
15
Aug

Seberapa Penting Vitamin B12 untuk Kesehatan Tubuhmu

Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin B setidaknya dalam jumlah yang dibutuhkan untuk menjadi sehat. Jadi sangat penting untuk mendapatkannya dari makanan bahkan dari suplemen.

 

Sebagian besar orang di Amerika Serikat memiliki sedikit masalah dalam mengonsumsi makanan yang cukup tinggi vitamin B12, tapi seiring meningkatnya popularitas daging, vegetarian, atau diet nabati hal itu bisa berubah. Karena itu menjadi salah satu alasan sangat penting untuk menambahkan makanan tinggi vitamin B12 ini ke dalam makanan.


"Karena tidak banyak makanan nabati yang mengandung banyak vitamin B12, orang yang menghindari sebagian besar produk hewani, seperti vegan dan beberapa vegetarian, mungkin menderita kekurangan," jelas Juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet, Cordialis Msora-Kasago, MA, RDN seperti dilansir dari laman Reader's Digest.


Mereka yang pernah menjalani operasi gastrointestinal atau menderita gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn atau celiac juga berisiko mengalami defisiensi. “Penyerapan vitamin B12 sangat tergantung pada jumlah asam klorida di perut kita. Seiring bertambahnya usia, kadar asam klorida menurun, sehingga semakin sulit untuk menyerap nutrisi bahkan ketika makan banyak makanan tinggi vitamin B12," ujarnya.


Juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet, Sonya Angelone, MS, RDN, CLT, menambahkan vitamin B12 berperan dalam produksi sel darah merah dan energi, dan membantu mencegah kerusakan saraf, membantu menjaga fungsi kognitif, dan proses biologis lainnya, termasuk manfaat vitamin B12 ini untuk seluruh tubuh Anda.


Sementara menurut National Institute of Health Office of Suplemen Diet, kebanyakan orang di Amerika Serikat mendapatkan nutrisi mereka dari makanan. Hanya antara 1,5 dan 15 persen masyarakat kekurangan B12.


Gejala-gejala seperti kesemutan atau mati rasa, kelemahan, sakit saraf, atau anemia, harus mengirim Anda ke dokter untuk memeriksa kadar B12 Anda.


Sama seperti nutrisi lainnya, jumlah B12 yang dibutuhkan bervariasi sepanjang hidup. “Kebanyakan pria dan wanita dewasa membutuhkan 2,4 mikrogram (mcg) vitamin B12, yang setara dengan memakan 3 ons tuna kalengan. Selama kehamilan dan menyusui, kebutuhan vitamin B12 untuk wanita meningkat masing-masing menjadi 2,6 hingga 2,8 mcg.”


(ps)

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting