Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle 6 Manfaat yang Bisa Kamu Cari dari Daun Seledri
31
Jul

6 Manfaat yang Bisa Kamu Cari dari Daun Seledri

Daun berukuran mini plus penggunaannya yang tak begitu banyak membuatnya sering tak disadari ada dalam santapan.

 

Namun demikian manfaat yang diberikan jauh melebihi ukuran daunnya.

Daun seledri banyak mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, folat, serat dan protein. Ada pun manfaat seledri yang bisa Anda peroleh antara lain:

1. Antiinflamasi
Daun seledri memiliki kandungan polysaccharides dan antioksidan. Antioksidan bisa berkontribusi untuk melawan radikal bebas yang mengakibatkan inflamasi atau peradangan. Inflamasi merupakan pemicu kemunculan penyakit kronis seperti, penyakit jantung dan kanker.

Beragam jenis antioksidan terdapat pada daun seledri antara lain, ferulic acid, caffeicacid, dan quecetin. Konsumsi daun seledri bisa sebagai pengobatan alami untuk masalah peradangan termasuk infeksi ginjal, hati, rasa sakit pada persendian, masalah pencernaan, masalah kulit dan infeksi saluran kencing.

2. Menurunkan tekanan darah
Tekanan darah tinggi adalah pijakan awal penyakit kardiovaskular. Karenanya penting untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Manfaat daun seledri salah satunya untuk menurunkan tekanan darah.

Riset yang diterbitkan pada Journal of Medicinal Food menyebut daun seledri berpengaruh pada tekanan darah tikus. Riset menemukan ekstrak biji seledri bisa menurunkan tekanan darah pada tikus yang memiliki hipertensi.

Peneliti menyebut seledri punya komponen antihipertensi yang disebut NBP (n-butylphthalide). Riset ini memang masih sebatas uji laboratorium. Namun peneliti meyakini hasil riset tak akan jauh berbeda jika diujikan pada manusia.

3. Antikanker
Kanker hingga kini masih jadi momok sebab biaya terapi yang tak murah dan kadang harapan hidup yang tak seberapa panjang. Menurut para ahli, manfaat daun seledri bisa sebagai antikanker.

Seledri mengandung luteolin yang diyakini sebagai komponen antikanker. Mengutip dari Medical News Today, hal ini pun disebut dalam riset yang dipublikasikan oleh Current Cancer Drug Targets.

Mengapa luteolin bisa jadi antikanker? Periset meyakini komponen ini membuat sel kanker lebih gampang dihancurkan oleh zat-zat kimia selama terapi pengobatan kanker.

4. Turunkan kolesterol
Selain tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi pun berkontribusi pada penyakit kardiovaskular. Konsumsi daun seledri secara teratur bisa menurunkan kolesterol. Tambahkan seledri dalam asupan makanan harian dan komponen 3-n-butylphthalide (BuPh) bakal bekerja menurunkan kolesterol. Untuk hasil maksimal, Anda pun bisa mengonsumsi seledri dalam bentuk suplemen makanan.

5. Jaga kesehatan pencernaan
Kandungan antiinflamasi dan antioksidan pada daun seledri pun bisa turut menjaga kesehatan pencernaan. Seledri mengandung polysaccharides berbasis pektin termasuk senyawa yang disebut sebagai apiuman terbukti mengurangi sakit mag, memperbaiki lapisan lambung, dan memodulasi sekresi lambung dalam riset pada hewan.


Anda bisa mengonsumsi daun seledri plus batangnya. Kandungan serat pada daun dan batang bisa memperlancar pencernaan sehingga mencegah konstipasi.

6. Cegah gangguan organ hati
Seledri mengandung banyak jenis mineral seperti magnesium, zat besi dan sodium. Komponen mineral membuat seledri punya fungsi untuk menetralisir makanan yang asam. Selain itu, seledri juga bisa jadi agen pembersih buat organ hati.

Dengan bantuan mineral plus vitamin di dalamnya, seledri beserta batangnya bisa memicu keluarnya urin sehingga racun, sampah dan zat-zat asing di tubuh pun bisa dikeluarkan.


(ps)

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting