Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Tips Sebelum Mengikuti Diet 22 Hari ala Beyonce
29
Jul

Tips Sebelum Mengikuti Diet 22 Hari ala Beyonce

Mengutip Page Six, Bey - panggilan akrabnya - menceritakan diet ketatnya untuk penampilan Coachella 2018.

 

Penyanyi 37 tahun ini bahkan meluncurkan situs yang berisi serangkaian diet ketat yang dijalaninya.

Diet ini dinamakan "22 Days Nutrition Meal Planner." Rangkaian diet nabati tanpa alkohol, karbohidrat atau gula.

Namun, dirinya mengaku merasa kelaparan selama menjalankan diet tersebut. Beruntung, dia memiliki teman lama sekaligus pelatihnya, ahli fisiologi olahraga, Marco Borges. Borges membantu menyusun rencana diet Bey selama 44 hari tanpa daging, susu, karbohidrat, gula, atau alkohol.

Bey tidak mengungkapkan berat terakhirnya, namun itu semua sudah cukup jelas terlihat pada penampilannya di Coachella 2018 dengan mengenakan celana pendek robek dan kaus sweater yang dipotong.

Situs diet yang diluncurkan Bey dan Borges adalah tentang 'Anda dapat menemukan makanan, merencanakan minggu Anda, berbelanja dan memasak semua pada platform yang sama. Semua makanan yang akan direkomendasikan sesuai dengan pedoman nutrisi ahli Marco (pedoman yang sama diikuti Beyoncé dan Jay Z) lewat video.

Video yang dibagikannya ini bisa diakses dengan membayarnya sebesar Rp 196 ribu per bulan atau Rp 1,38 juta per tahun.

Berbagai resep termasuk hidangan tanpa daging seperti kari alpukat yang dibungkus dengan ubi, oatmeal chunky dengan kelapa "bacon," sup kacang Catava dan mie soba dan salad edamame. Dan hummus sebagai camilan.

Porsinya kecil, dan tanpa protein hewani. Sudah pasti kalorinya terbatas.

Diketahui, ini bukan pertamakalinya Bey meluncurkan resep diet. Sebelumnya pada 2015, dirinya juga meluncurkan pengiriman makanan vegan.

Hal ini ternyata juga mendapat perhatian dari beberapa ahli. Bahkan beberapa ahli mengomentarinya dengan menyebut bahwa meniru pola makan dan kebugaran yang ekstrem dari penyanyi itu bukan solusi jangka panjang untuk menurunkan berat badan dan kebugaran fisik.

Mengutip Healthline, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengikuti diet ekstrem Beyonce.

Pertama, lihat panduannya. Amy Burkhart seorang dokter dan ahli diet terdaftar yang berbasis di California, mengatakan selebriti memiliki pengaruh yang luar biasa di Amerika Serikat.

"Ketika mereka membahas tentang penurunan berat badan, mereka pasti akan membuat banyak orang menirunya dengan harapan mencapai hasil yang setara," jelasnya.

Hanya saja dia juga mengungkapkan agar para 'pengikut' berhati-hati ketika menjalankan diet para selebriti.

Pertama, ketika kebanyakan selebriti menjalankan diet ketat, mereka memiliki ahli gizi pribadi untuk memastikan asupannya tetap cukup. Kebanyakan orang tidak memiliki itu.

"Ini dapat menempatkan seseorang pada risiko konsekuensi kesehatan jika mereka tidak tahu cara menyesuaikan atau menambah pembatasan yang telah mereka buat dengan benar."

Kedua, batasi makan dengan cerdas. Saat melakukan diet, ada beberap makanan yang perlu dibatasi. Itu dilakukan dengan tiba-tiba.

Membatasi kelompok makanan tertentu, dapat membahayakan kesehatan, seperti dalam kasus orang yang hidup dengan diabetes, wanita hamil dan menyusui, dan mereka yang menderita penyakit ginjal yang mencoba diet rendah karbohidrat.

Menurut sebuah studi diet rendah karbohidrat, tinggi protein hewani, dapat mengakibatkan risiko kematian yang lebih tinggi. Meski ada juga penelitian yang menyebut diet rendah karbohidrat dapat menyeimbangkan gula darah dan penanda peradangan yang lebih rendah.

"Apa yang tampaknya diterima secara universal adalah bahwa pola makan nabati yang kaya nutrisi membawa risiko paling rendah dari dampak kesehatan yang buruk. Diet rendah karbohidrat yang berbasis tanaman sebenarnya menghasilkan risiko kematian dan kanker yang lebih rendah, "kata Burkhart.

Ketiga, jangan 'diet'. Seorang terapis nutrisi dan konsultan intuitif makan terpercaya dari New York, Alissa Rumsey, MS, RD, meneliti bahwa diet menyebabkan penambahan berat badan.


"Mencoba menghindari atau memotong makanan apa pun akan menyebabkan keinginan Anda meningkat, bukan menurun," jelasnya.

"Diet adalah jenis kelaparan yang dipaksakan. Ketika Anda mulai membatasi jenis makanan dan atau jumlah makanan, tubuh Anda beralih ke mode bertahan hidup, memicu keinginan dan makan berlebihan. Jadi, semakin Anda berusaha untuk tidak memiliki sesuatu, tubuh Anda akan semakin membutuhkannya."

Ahli gizi diet terdaftar dari Atlanta, Marisa Moore, menyebut mungkin Beyonce tidak sepenuhnya memotong karbohidrat.

"Yang penting adalah ketika dia berbicara tentang dietnya, dia makan sebuah apel. Apel adalah karbohidrat, "kata Moore.

Keseimbangan karbohidrat, lemak, dan protein adalah hal yang membuat tubuh mampu beroperasi.

"Tidak hanya akan sangat sulit untuk mempertahankan diet tanpa karbohidrat seumur hidup, itu bisa mengundang energi rendah atau kelelahan, sembelit, dan rendahnya asupan nutrisi tertentu," katanya.

Keempat, cobalah puasa yang dimodifikasi. Burkhart menyebut, berpuasa sangat populer dan menawarkan rancangan gaya hidup yang berbeda dari biasanya.

"Kebanyakan orang bisa dengan mudah melakukan rencana puasa yang dimodifikasi, bahkan dalam jangka waktu lama. Ini bisa sangat efektif," katanya.

Untuk menghindari penambahan berat badan kembali, sangat penting untuk mendapatkan tidur yang cukup, berkualitas baik, mempertahankan program olahraga, dan membatasi atau menghilangkan sumber kalori seperti alkohol dan permen.

"Masih tergantung pada pemilihan makanan padat nutrisi, lebih disukai nabati, yang rendah gula," kata Burkhart.

Kelima, turunkan berat badan secara alami. Dalam kasus Beyonce, dia berusaha untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Secara alami, tubuh juga akan menurunkan berat badannya pasca-kehamilan.

"Butuh sembilan bulan untuk menambah berat yang dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat, dan tidak realistis untuk berpikir bahwa wanita perlu atau harus segera kehilangannya," kata Rumsey.

Ahli terapi nutrisi dari New York, Jenna Hollenstein, mengatakan tidak wajar untuk menurunkan berat badan kehamilan dengan cara dipercepat. Terutama bagi wanita yang menyusui.

"Juga membuat stres dan mendpat tekanan bagi wanita yang baru saja melahirkan untuk menurunkan berat badan," kata Hollenstein

Hollenstein menyebut setelah melahirkan, kebanyakan wanita akan merawat bayinya dan ini mempengaruhi penurunan berat badan mereka dengan cara yang jauh lebih menantang fisik dan emosional.

Terakhir, ingat penyataan 'Ratu Bey' terakhir. Beyonce mengatakan tidak ingin lagi-lagi mencoba diet ekstrem ini.

"Saya harap Beyonce akan menggunakan pengaruhnya untuk mempromosikan tubuh sehat dan cantik meski dengan beberapa ukuran. Dibanding dengan membeberkan secara detail rancangan diet ekstrem dan mempromosikan penurunan berat badan," kata Rumsey.


(ps)

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting