Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Membersihkan Lidah: Lebih Baik Scraper atau Sikat Gigi
09
Jul

Membersihkan Lidah: Lebih Baik Scraper atau Sikat Gigi

Menyikat lidah dengan lembut beberapa kali dengan sikat gigi dan pasta gigi adalah langkah pertama yang mudah karena kebanyakan orang sudah terbiasa melakukannya.

 

Tapi pengikisan lidah lebih ampuh untuk menghilangkan plak dan bakteri dari permukaan lidah.


"Menyikat tidak apa-apa untuk dilakukan, tetapi pikirkan seperti ini - jika karpet Anda kotor dan Anda gosok, kotorannya akan tertanam di sana," jelasnya seperti dilansir dari laman Cleveland Clinic, Jumat (5/7). "Tapi jika kamu mengikisnya, itu akan langsung muncul dari permukaan."


Memang, penelitian menunjukkan bahwa kerokan lidah dapat menghilangkan bakteri dan meningkatkan bau mulut lebih dari menyikat. Alat penyeka lidah yang terbuat dari plastik, tembaga, atau stainless steel tersedia di sebagian besar toko obat dengan harga relatif terjangkau.


Sikat, benang, kikis

Inilah cara lengkap membersihkan rongga mulut di pagi dan malam hari. Sikat gigi, pakai benang gigi, dan bilas rongga mulut seperti biasanya. Setelah itu, julurkan lidah dan jalankan scraper sekali atau dua kali dengan tekanan ringan di seluruh permukaan lidah mulai dari bagian belakang lidah sampai ke bagian depan.


Langkah ini eharusnya tidak menyakiti atau merusak lidah. Kalau terasa sakit, kurangi tekanan scraper. Tiap kali menyeka lidah, bilas alatnya dengan air hangat. Bilas lagi di kali kedua menggunakannya. Setelah itu, berkumurlah.


Ini adalah langkah terakhir yang cepat dan sederhana, tetapi dapat membantu menjaga mulut Anda terasa bersih.


Jika lidah Anda memberikan petunjuk visual penanda kondisi tidak sehat, coba periksakan ke dokter gigi. Waspadai perubahan warna, entah itu putih, hitam atau merah, atau luka atau sakit yang bertahan selama lebih dari dua minggu.


(ps)

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting