Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Kenapa Nyamuk Lebih Memilih Hinggap Di Saya?
01
Apr

Kenapa Nyamuk Lebih Memilih Hinggap Di Saya?

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa tubuh orang yang jadi incaran nyamuk itu berbeda.

 

Berikut 5 alasan mengapa nyamuk menggigit tubuh Anda dibanding orang lain:

 

Golongan Darah

Suatu penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Medical Entomology pada tahun 2004 menyatakan bahwa nyamuk lebih sering hinggap pada mereka yang memiliki golongan darah O. Nyamuk (terutama betina) mengonsumsi darah karena membutuhkan serum protein yang terkandung di dalam darah untuk menghidupi telurnya. Setidaknya berdasarkan indera nyamuk, jenis protein terbaik dengan kadar terbanyak adalah yang terdapat dalam orang bergolongan darah O.

 

Warna Pakaian

Nyamuk juga akan tertarik pada warna baju seseorang yang terlihat gelap. Warna-warna itu seperti hitam, biru tua dan merah.


Menurut James Day, seorang entomolog medis di University of Florida, nyamuk sangat menyukai warna-warna gelap sehingga dapat tersamarkan keberadaannya.

 

Karbondioksida

Nyamuk mendeteksi keberadaan manusia lewat karbon dioksida yang dihembuskannya saat bernapas. Menariknya, nyamuk bisa mencium pelepasan karbon dioksida dalam jarak yang sangat jauh, yakni sekitar 160 kaki atau 50 meter melalui organ khusus yang disebut maxillary palp. Semakin banyak Anda melepas karbon dioksida, maka akan semakin kuat pula selera nyamuk terhadapmu. Inilah sebabnya nyamuk lebih suka menggigit orang dewasa atau orang yang berukuran lebih besar, baik berat maupun tingginya karena mereka akan menghasilkan karbon dioksida lebih banyak ketimbang orang yang badannya lebih kecil.

 

Wanita Hamil

Seorang ibu hamil diteliti dapat menghembuskan karbondioksida 21 persen lebih banyak dari rata-rata orang biasa.

 

Latihan dan Metabolisme

Selain karbon dioksida, nyamuk menemukan korban pada jarak yang lebih dekat dengan mencium asam laktat, asam urat, amonia dan zat lain yang dikeluarkan melalui keringat manusia.


Mereka juga tertarik pada orang-orang dengan suhu tubuh tinggi. Selepas berolahraga, asam laktat dan panas dalam tubuh akan meningkat. Jadi Anda lebih rentan digigit nyamuk.


Maka, sebaiknya mandi setelah beraktivitas juga untuk mencegah serangan nyamuk yang justru enggan mendekati kulit yang bersih dengan aroma sintetis atau wewangian mencolok termasuk aroma sabun.


(ps)

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting