Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Gejala dan Cara Cegah Infeksi Lambung
16
Jan

Gejala dan Cara Cegah Infeksi Lambung

Infeksi lambung adalah kondisi di mana lambung mengalami luka atau tumbuh bisul yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H. pylori).

 

Sementara penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus.

 

Dilansir dari WebMD, setelah bakteri H. pylori memasuki tubuh, ia menyerang lapisan perut yang biasanya melindungi dari asam yang masuk ke dalam tubuh. Namun setelah bakteri ini melakukan kerusakan, asam dapat menembus lapisan, yang mengarah pada bisul. Akibatnya, hal ini mungkin berdarah, menyebabkan infeksi, atau mencegah makanan bergerak melalui saluran pencernaan.

Bakteri ini menular. Ia bisa masuk melalui makanan, air, dan lainnya. Bakteri ini banyak ditemukan di negara atau masyarakat yang kekurangan air bersih atau sistem pembuangan kotoran yang kurang baik. Kontak dengan air liur atau atau cairan tubuh yang lain dari orang yang terinfeksi juga bisa menyebabkan bakteri ini menular.

Banyak orang mendapatkan bakteri H. pylori ini di masa kanak-kanak, tetapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa mendapatkannya.

Lalu apa gejala infeksi lambung?

Kebanyakan orang dengan infeksi lambung yang disebabkan bakteri H. Pylori tidak akan pernah memiliki tanda atau gejala. Tidak jelas mengapa ini terjadi, tetapi beberapa orang mungkin dilahirkan dengan resistensi yang lebih besar terhadap efek berbahaya bakteri ini.

Mayoclinic melaporkan tanda-tanda atau gejala-gejala yang muncul jika kita terkena infeksi lambung antara lain adalah sakit atau rasa sakit seperti terbakar di perut, nyeri akan tambah sakit saat perut kosong, mual, Kehilangan selera makan, sering bersendawa, kembung dan mengalami penurunan berat badan.

Kondisi ini akan mengalami keparahan dan akan berbahaya bagi kesehatan kita jika muncul ciri-ciri seperti kotoran kita berdarah yang berwarna merah tua atau hitam, kesulitan bernapas dan pusing, tampak pucat, muntah berdarah dan sakit di bagian perut yang makin menusuk tajam.

Bagaimana cara pencegahan infeksi lambung?

Sebagian besar bisul yang disebabkan oleh H. pylori akan sembuh setelah beberapa minggu perawatan. Tetapi untuk mencegah penyakit atau bakteri ini datang sebaiknya kita lebih memperhatikan gaya hidup kita.

Cuci tangan setelah menggunakan kamar mandi dan sebelum menyiapkan makanan. Sebaiknya, ajari anak-anak untuk melakukan hal yang sama. Lalu, hindari makanan atau air yang tidak bersih, jangan makan apapun yang tidak dimasak sampai matang, serta hindari makanan yang disajikan oleh orang yang belum mencuci tangan.

Meskipun stres, makanan pedas, alkohol, dan merokok tidak menyebabkan bisul, mereka bisa mencegahnya sembuh dengan cepat atau memperburuk infeksi.


(ps)


Sumber: TIRTO

 

Search

Advertise Here

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Joy Parenting