Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Cara Pegang Kemudi Mobil yang Paling Aman
28
Dec

Cara Pegang Kemudi Mobil yang Paling Aman

Semula, cara ideal memegang setir yang disarankan adalah menempatkan tangan pada posisi angka jarum jam pukul 10 dan pukul dua.

 

Posisi tersebut dianggap memberi kendali paling besar.


Cara tersebut terutama efektif jika pengemudi perlu memutar setir mobil secara tiba-tiba. Tetapi, perubahan desain kantong udara membuat posisi tangan yang direkomendasikan juga berubah.


Menempatkan tangan lebih tinggi di atas roda kemudi memang memungkinkan cengkeraman yang lebih baik. Tangan juga berada langsung di jalurnya jika kantong udara mengembang saat tabrakan.


Namun, kantong udara itu berpotensi mendorong tangan ke arah wajah sehingga mematahkan hidung atau menyebabkan cedera kepala. Tangan yang terlalu dekat dengan airbag juga berpotensi terkena bahan kimia panas yang dapat menyebabkan bahaya tambahan.


Solusi untuk risiko tersebut, dengan memindahkan tangan dalam posisi lebih rendah. Posisi memegang kemudi yang kini disarankan adalah tangan di posisi angka sembilan dan angka tiga pada jam.


Beberapa ahli juga merekomendasikan penempatan tangan lebih rendah lagi, yaitu pada angka delapan dan angka empat seperti pada jam. Posisi itu diyakini semakin meminimalkan kemungkinan cedera, dikutip dari laman Mental Floss.


(ps)


Sumber: REPUBLIKA

 

Subscribe

Mau info dan hadiah menarik?

 Sign Up

Search

MD's Review

FeMale Travel

Joy Parenting