Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle 5 Tips Sebelum Membeli Pompa Air
01
Nov

5 Tips Sebelum Membeli Pompa Air

Agar pasokan air selalu tersedia, Anda harus memiliki pompa air.

 

1. Ukur kedalaman permukaan air sebelum menentukan jenis pompa air

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kedalaman permukaan air. Jika kurang yakin saat mengukur, mintalah bantuan tukang untuk mengukurnya menggunakan pipa pompa air atau benang dan paku.


Kedalaman permukaan air yang kurang dari 7 meter cocok menggunakan pompa air sumur dangkal. Jika kedalamannya 7-9 meter, maka gunakanlah pompa air semi jet pump. Untuk kedalaman 14 meter lebih, gunakan pompa air celup. Sedangkan untuk kedalaman 20-30 meter, gunakanlah pompa air jet pump.


Selain digunakan untuk menentukan jenis pompa air, kedalaman permukaan air juga bisa Anda jadikan acuan untuk menentukan posisi pompa air. Jarak yang ideal adalah 0,5 hingga 1 meter dari permukaan air.


2. Perhatikan voltase pompa air yang akan digunakan

Ketika hendak membeli pompa air, perhatikan voltasenya. Sesuaikan dengan daya listrik rumah agar tidak keberatan. Biasanya semakin besar kekuatan pompa air, maka voltasenya akan semakin tinggi juga. Tapi hindari juga voltase yang terlalu rendah karena bisa mempengaruhi debit air yang dialirkan.


Untuk gambaran, pompa air jet pump normalnya memiliki voltase 250 hingga 500 watt dalam keadaan stabil dan 500 hingga 900 watt pada saat menghisap air.


3. Pilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan rumah tangga

Kebutuhan air masing-masing rumah tangga berbeda. Biasanya tergantung jumlah penghuni dan kegiatan sehari-hari. Jika penghuni rumah ada banyak, Anda sering memasak dan mencuci baju sendiri di rumah, pilihlah pompa air yang memiliki daya hisap besar dan mampu menghasilkan debit air dalam jumlah besar. Dengan demikian seluruh penghuni rumah bisa menggunakan air tanpa harus menunggu lama.


Sebaliknya jika hanya ada sedikit penghuni dan menyerahkan cucian ke laundry, pilih saja pompa air dengan daya hisap sedang. Anda pun bisa menghemat daya listrik.


4. Menilai kualitas pompa air

Untuk menilai kualitas pompa air, Anda bisa memperhatikan bahan dan komponen yang digunakan. Pada bagian impeller, pilihlah yang menggunakan bahan stainless steel supaya tidak mudah patah atau retak. Pada bagian lilitan motor listrik, pilihlah yang menggunakan bahan tembaga. Hindari bahan alumunium karena lebih mudah menjadi panas dan mengalami konsleting sehingga membahayakan keselamatan penghuni rumah.


Pompa air yang berkualitas tentu akan lebih mahal harganya, namun akan sebanding dengan keawetannya dan menghindarkanmu dari bahaya konsleting.


5. Memilih pompa air yang bersuara halus

Pompa air dengan suara mesin yang halus tentu akan membuat para penghuni rumah lebih nyaman. Selain itu, dari suara ini Anda bisa menilai apakah ada komponen yang janggal. Jadi mintalah sang penjual untuk menyalakannya. Jika suaranya terdengar kasar, minta tukar saja dengan unit yang lain.


Demikian beberapa poin yang bisa Anda terapkan saat hendak memilih pompa air. Semoga pas dengan kebutuhan dan awet ya!

 

(ps)


Sumber: DEKORUMA

 

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting