Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Menulis Tangan Buat Daya Ingat Lebih Tajam
01
Nov

Menulis Tangan Buat Daya Ingat Lebih Tajam

Menurut Deborah Dewi, seorang pakar grafolog, menulis tangan memiliki banyak manfaat kesehatan bagi otak.

 

“Tulisan tangan merupakan sebuah kegiatan yang kompleks dan dapat meningkatkan fungsi kognitif otak kita. Misalnya, membuat kita memiliki daya ingat yang lebih tinggi, terorganisir dan proses berpikir semakin tajam,” ujar Deborah di acara Post-It Handwriting Workshop pada Selasa, 23 Oktober 2018 lalu di Jakarta.

Manfaat menulis tangan ini juga dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh pakar psikologi Pam Mueller dari Princeton University dan Daniel Oppenheime dari University of California, Los Angeles. Penelitian yang dilakukan terhadap ratusan mahasiswa membuktikan bahwa mahasiswa yang mencatat penjelasan dosen di kertas menunjukkan ingatan yang lebih tajam dengan detail informasi serta pemahaman yang lebih dalam. Sedangkan mahasiswa yang mencatat di gadget justru menunjukkan motivasi belajar yang lebih rendah.

Keduanya percaya menulis dengan tangan adalah cara terbaik untuk menyimpan, mengingat kembali seraya memahami intisari topik yang sedang didengarkan atau dipelajari.

“Semakin sering seseorang menulis tangan, akan semakin mengasah kemampuan berpikirnya. Kita bisa mencoba meningkatkan fungsi kognitif otak sesederhana dengan kembali menulis jurnal sebelum tidur, misalnya. Seperti yang biasa kita lakukan dulu,” tambah wanita yang akrab dipanggil Debby.

Atau bisa melakukan hal lain yang melibatkan tulisan tangan seperti membuat daftar yang harus dilakukan setiap hari atau saat kerja di buku catatan. “Saat kita membuat to-do list di catatan, kita akan jauh lebih ingat apa yang harus dilakukan,” tambahnya.

 

(ps)


Sumber: FEMINA

 

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting