Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle 10 Makanan Folat untuk Kesehatan Pria
29
Oct

10 Makanan Folat untuk Kesehatan Pria

Tidak hanya ibu hamil, folat ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh pria.

 

Hal ini karena vitamin B yang terkandung di dalamnya dapat membantu proses produksi materi genetik yang penting untuk DNA dan RNA. Komponen ini juga berperan besar dalam pembentukan sel darah merah.


Folat secara alami bisa ditemukan di banyak makanan khususnya sayuran berdaun hijau, buncis, kacang-kacangan serta biji-bijian. Selain itu, banyak juga perusahaan yang menambahkan folat ke produk makanan atau minuman dalam bentuk sintetis, asam folat. Meski demikian, folat dari sumber alam tetaplah yang terbaik.


Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan mengandung folat yang tinggi. Dengan mengonsumsi satu setengah cangkir kacang hitam, Anda sudah bisa mendapatkan asupan folat sebanyak 128 mikrogram. Selain folat, kacang hitam juga kaya akan antioksidan. Bagi penyuka rasa manis, Anda bisa mengonsumsi kacang hijau sebagai gantinya. Dalam satu setengah cangkir kacang hijau, terkandung 160,5 mikrogram folat.


Bayam

Dalam satu setengah cangkir bayam yang sudah dimasak atau direbus, Anda bisa mendapatkan 131,5 mikrogram folat. Sayur berdaun hijau ini mengandung banyak nutrisi lainnya seperti vitamin K yang dapat membantu mengatasi penggumpalan darah.


Asparagus

Satu setengah cangkir asparagus rebus mengandung 134 mikrogram folat. Dari segi rasa, asparagus terbilang tidak terlalu kuat sehingga bisa dicampurkan ke dalam berbagai jenis hidangan.


Edamame

Satu setengah cangkir edamame mengandung 241 mikrogram folat. Di Jepang, kedelai muda ini sering dijadikan sebagai hidangan pembuka. Edamame lebih nikmat disantap dengan cara direbus terlebih dahulu.


Telur

Telur adalah sumber folat yang paling sering dikonsumsi. Enak dinikmati dalam olahan apapun, Anda tidak akan bosan menyantapnya baik untuk sarapan, makan siang atau pun makan malam. Satu butir telur ukuran besar mengandung setidaknya 24 mikrogram folat. Selain itu, telur juga kaya akan protein.


Alpukat

Kaya akan lemak sehat, alpukat adalah makanan yang paling banyak menjadi pilihan saat seseorang menjalani diet. Alpukat biasanya selalu dijadikan sebagai pelengkap menu salad dan sandwich. Satu setengah cangkir alpukat mengandung 61 mikrogram folat.


Brokoli

Selain alpukat, brokoli juga selalu menjadi pilihan bagi mereka yang menjalani hidup sehat. Tidak hanya tinggi protein, sayuran hijau ini juga tinggi akan kandungan vitamin C.


Sawi putih

Sawi adalah sayuran yang paling sering dijadikan sebagai bahan dasar salad. Selain rendah kalori, sayur ini mengandung beragam vitamin dan mineral seperti kalsium dan potasium. Dengan mengonsumsi 85 gram sawi, Anda bisa mendapatkan asupan folat sebanyak 116 mikrogram.


Biji bunga matahari

Sering dijadikan sebagai bahan camilan atau untuk menambah kerenyahan salad, biji bunga matahari merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung tinggi folat. Satu setengah cangkir biji bunga matahari mengandung sebanyak 152 mikrogram folat.


Hati ayam

Hati ayam adalah sumber protein yang baik dengan kandungan lemak yang rendah. Selain itu, hati ayam adalah sumber yang baik untuk folat. Satu hati ayam bisa memberikan Anda asupan folat sebanyak 254 mikrogram.

 

(ps)


Sumber: REPUBLIKA

 

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting