Register
Home FEMALE INFO FeMale Lifestyle Bayi Merangkak Perlu Pelindung Lutut?
05
Sep

Bayi Merangkak Perlu Pelindung Lutut?

Anda kini bisa menemukan pelindung lutut untuk bayi dijual di mana-mana. Mulai dari yang berbentuk bantalan busa, menyerupai kaus kaki tebal, celana dengan bagian lutut yang diberi lapisan tambahan, dan lain sebagainya.

 

Tapi sebenarnya, apakah pelindung lutut ini betul-betul diperlukan bayi saat merangkak? Jawabannya, terserah Anda, Moms. Andalah yang bisa menilai kebutuhan ini sesuai dengan kondisi bayi, rumah atau lingkungan tempat bayi merangkak.

 

Agar Anda tidak bingung berikut kami rangkum hal-hal yang biasanya jadi alasan orang tua memberikan maupun tidak memberikan pelindung lutut pada bayi merangkak.

 

Alasan Memberi Pelindung Lutut pada Bayi Merangkak

1. Lutut Bayi Bisa Terluka

Bila ditotal, bayi merangkak bisa sampai berjam-jam setiap hari. Maklum, kemampuan merangkak membuat bayi bersemangat untuk mengeksplorasi lingkungannya. Ia pun merangkak ke mana-mana, dari permukaan lantai yang halus hingga kasar, yang empuk hingga keras.

 

Jika bayi merangkak di lantai yang kasar atau keras, lapisan atau bantal tambahan akan mengurangi tekanan pada sendi-sendi lutut mereka. Bantalan lutut juga membantu menjaga kulit lutut bayi dari goresan atau memar.

 

2. Membuat bayi lebih nyaman

Tidak semua rumah memiliki karpet atau matras khusus untuk bayi. Apalagi bila bayi atau anggota keluarga lain memiliki alergi, tentu penggunaan karpet sebisa mungkin dihindari. Artinya, bayi terpaksa merangkak di lantai yang bisa saja cukup dingin sehingga membuatnya tidak nyaman. Pelindung lutut, dapat mengatasi masalah ini. Pelindung lutut untuk bayi merangkak umumnya juga dilengkapi dengan permukaan kesat yang terbuat dari sejenis karet. Ini dapat mencegah bayi terpelet saat merangkak di permukaan lantai yang licin.

 

Alasan Tidak Perlu Memberi Pelindung Lutut pada Bayi Merangkak

1. Bayi Itu Pintar

Bayi lebih pintar dari yang Anda kira. Mereka akan berhenti (dengan duduk atau melakukan gerakan seperti push up) bila saat merangkak merasa lelah atau tidak nyaman.

2. Bayi Tidak Merangkak Sendiri

Orang tua seharusnya selalu mengawasi dan tidak membiarkan bayi merangkak sendiri. Dengan begitu, Anda dapat mencegah bila bayi merangkak ke permukaan-permukaan yang mungkin berbahaya, terlalu kasar atau terlalu licin. Anda juga tidak akan membiarkan bayi merangkak di aspal jalanan atau di atas hamparan kerikil kan, Moms?

3. Biarkan Bayi Mengenal Lingkungan Lebih Baik

Tanpa pelindung lutut, bayi justru dapat lebih baik mengenal lingkungannya. Kulitnya akan merasakan berbagai jenis tekstur maupun suhu yang berbeda-beda di sekitarnya. Ini tentunya akan sangat baik untuk perkembangan kemampuan indranya juga.Nah, bagaimana menurut Anda?

 

(ps)


Sumber: KUMPARAN

 

Search

Advertise Here

carmed

MD's Review

FeMale Herald

FeMale Lifestyle

Entertainment

FeMale Travel

Jakarta's Info

Joy Parenting